xRxMD7PS3NtTSVmco65VMRdxlfCE6kZjEW7YE8i1

Contoh soal TWK HOT CPNS 2021 terbaru

Pada postingan kali ini admin akan memberikan contoh soal HOTS (Higher Order Thingking Skill) tes TWK (Tes Wawasan Kebangsaan) CPNS. Dalam TWK yang terdiri dari 35 soal dalam tes SKD. dalam TWK terdiri dari materi-materi yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika, pilar negara, nasionalisme, bela negara, dan integritas nasional. Ini soal yang sangat sulit dengan istilah-istilah dalam soal dan jawabannya, serta soal dan jawaban yang sangat panjang. jadi simaklah dengan teliti soal dan kunci jawaban TWK HOTS di bawah ini.

JUDUL

Contoh soal TWK HOT CPNS 2021 terbaru

1. PANCASILA
Sebagai cita hukum, Pancasila memiliki fungsi konstitutif yang artinya bahwa Pancasila?
a. Sebagai pandangan hidup bangsa
b. Merupakan dasar cita hukum agar hukum yang dibuat memiliki makna
c. Sebagai ajaran yang diyakini kebenarannya
d. Merupakan aturan tertulis ataupun tidak tertulis yang berlaku dalam bernegara
e. Lambang kebangsaan

2. UUD 1945
Konstitusi yang dimiliki bangsa Indonesia adalah UUD 1945. Dalam hierarki sistem hukum di Indonesia, UUD 1945 ada diposisi teratas. Walapun demikian, UUD 1945 tetap dapat diamandemen. Namun sifat untuk mengamandemen UUD 1945 sebagai konstitusi negara bersifat rigid manakala konstitusi tersebut?
a. Mudah untuk diubah
b. Sulit untuk diubah
c. Sukar untuk dipahami
d. Sulit untuk dilaksanakan
e. Mudah untuk dipahami

3. NKRI
Para pahlawan bangsa seperti Soekarno sangat mencintai tanah air Indonesia. Namun, Soekarno tidak meremehkan dan merendahkan bangsa lain. Beliau tetap menghargai dan menghormati bangsa lain. Sikap mencintai tanah air secara berlebihan dan memandang rendah terhadap bangsa lain, disebut? 
a. Nasionalisme
b. Chauvinisme
c. Patriotisme
d. Atheisme
e. Dinamisme

4. BHINNEKA TUNGGAL IKA
Sikap hormat menghormati dan toleransi sangat diperlukan untuk menjaga persatuan dan kesatuan anak bangsa dan menjadikan bangsa Indonesia menjadi kuat. Peran penting untuk melakukan sosialisasi tentang hormat-menghormati perbedaan budaya seharusnya dilakukan oleh? 
a. Keluarga dan sekolah 
b. Negara lain dan negara tetangga
c. Bangsa asing dan negara berkembang
d. Negara maju
e. Negara berkembang

5. PILAR NEGARA
Hingga saat ini lagu-lagu berirama keroncong penggemarnya tidak bakal surut, bahkan warga Jepangpun sangat menyukai keroncong hingga pemerintah Jepang memberikan loyalti kepada komponis dan pengarang lagu Bengawan Solo, Gesang yang kini telah tiada. 
Lagu keroncong masih banyak dikumandangkan penyanyi-penyanyi muda, meski komponis keroncong ternama sebagian besar sudah berusia lanjut, bahkan juga telah tiada. Salah satu legenda keroncong Indonesia, Waljinah misalnya sudah 53 tahun ia mengabdi pada musik tradisional yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia. 
Berkiprah di musik keroncang dan langgam Jawa selama berpuluh-puluh tahun, bagi Waljinah sangtalah indah. Hanya dengan menyanyikan lagu-lagu tradisi khas Jawa saja, ia sudah bisa mengelilingi dunia. Beberapakali ia mendapat tawaran untuk bernyanyi di luar negeri. Sebut saja di negara Malaysia, Singapura, Jepang, Selandia Baru, Belanda, hingga Yunani. Bagi Waljinah, predikat penyanyi go internasional bukan sesuatu yang baru. Hebatnya lagi, Waljinahpun pernah membuat rekaman musik keroncong yang diaransemen kembali di Jepang dan Tokyo. 
Kiprah Waljinah dalam dunia keoroncong selaras dengan pengamalan Pancasila sila ke? 
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5

6. NASIONALISME
Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Sabinus Waker terlbat kontak senjata dengan tim gabungan TNI-Polri, pada senin (26/10), sekitar pukul 05.00 Wit. Peristiwa ini terjadi di Kampung Jalan Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua . Peristiwa itu menewaskan satu anggota KKB, Rubinus Tigau dan seorang lainnnya atas nama Hermanus Tipegau ditangkap, Kabid humas Polda Papua Kombes Ahmad Mustofa Kamai mengatakan, dua orang anggota KKB itu terlibat dalam penembakan tim TGPF. 
Polisi mencatat, sejumlah kejahatan kriminal KKB kelompok Sabinus Waker yakni pernah terlibat dalama beberapa aksi yang tidak berperikemanusiaan. KKB kelompok Sabinus Waker tercatat memilki peran penting pada rangkaian kejahatan kriminal yang tejadi di berbagai wilayah di Papua. 
Aksi separatisme yang dilakukan oleh Sabinus Waker dalam kasus di atas tidak mencerminkan Pancasila utamanya sila ke-? 
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5

7. BELA NEGARA

Berikut ini yang bukan termasuk tujuan bela negara adalah?
a. Mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan negara
b. Merupakan panggilan sejarah dan kejayaan masa lalu
c. Menjalankan nilai-niai Pansalia dan UUD 1945
d. Menguatkan batas-batas fisik dan nonfisik negara
e. Menjaga identitas dan integritas bangsa/negara

8. INTERGRITAS NASIONAL
Pernyataan di awah ini yang menunjukkan korelasi antara integritas nasional dan pelanggaran hak dan kewajiban adalah? 
a. Pelanggaran hak seseorang akan menyebabkan disintegritasi, sehingga orang yang dilanggar haknya kemungkinan tidak menjalankan kewajibannya 
b. Pelanggaran hak seseorang akan menyebabkan disinegriatasi, sehingga orang yang dilanggar haknya kemungkinan tidak menajalankkan haknya 
c. Pelanggaran kewajiban seseorang tidak akan menyebabkan disintegritasi, sehingga orang yang dilanggar kewajibannya kemungkinan tidak menajalankan haknya 
d. Pelanggaran kewajiban seseorang akan menyebabkan disintegritasi, sehingga orang yang dilanggar haknya kemungkinan tidak menjalankan kewajibannya 
e. Pelanggaran hak seseorang tidak akan menyebabkan disintegritasi, sehingga orang yang dilanggar haknya kemungkinan tetap menjalankan kewajibannya 
Jawaban 

1. B
2. B
3. B
4. A
5. C
6. C
7. B
8. A

Demikianlah postingan admin minggu ini semoga kita semua sukses lulus tes CPNS 2021, dan bisa jadi CPNS. Pelajari semua tentang TWK dan berdoa. Terima kasih. 
Sumber buku: Sukses tembus CPNS 2021-2022, Penerbit Graha Publika, 2020.

Post a Comment

Terimakasih sudah membaca artikel kami, silahkan tinggalkan komentar jika ada keluhan mengenai link yang mati atau artikel rusak silahkan laporkan kepada kami ya !!!!