Sebuah perusahaan melakukan survei dengan menyebarkan angket kepada konsumen tentang produk yang dihasilkannya. Angket berisi poin-poin atas pernyataan tentang kualitas produk. Berdasarkan angket, kita dapat mengetahui kualitas sebuah produk berdasarkan poin-poin yang paling bnayak dipilih oleh responden. Data/nilai yang sering muncul pada angket tersebut dalam stasistika disebut modus. Selain itu, data/nilai dapat juga dibagi menjadi dua bagian yang sama besar. Dalam hal ini, data angket dibagi menjadi respons positif dan respons negatif. Ukuran yang membagi data menjadi dua bagian sama disebut median. Modus dan median adalah ukuran pemusatan data pada statistika yang akan kalian pelajari dalam bab ini.
Kunci jawaban matematika latihan 2 STATISTIKA kelas 8
Latihan 2 halaman 168-170
1. Tentukan nilai mean dan modus untuk setiap data berikut!
a. 10,11,12,12,13,14,14,14,15 dan 16
b. 8,6,7,9,7,8,10,8,9,7,6,9 dan 7
c. 7 cc, 6 cc, 8 cc, 4 cc, 6 cc, 9 cc, 7 cc, 5 cc, 8 cc, 6 cc, 5 cc dan 8 cc
d. 6 cm, 5 cm, 8 cm, 7 cm, 5 cm, 9 cm, 7 cm, 6 cm, 8 cm, 7 cm, 9 cm, 6 cm dan 7 cm
2. Sekelompok anak ditanya tentang lama tidur yang biasa mereka lakukan (sampai satuan jam terdekat). Jawabannya sebagai berikut
9 7 8 9 6 8 8 9 10 7
8 7 10 7 9 6 9 8 11 8
a. Tentukan modus data di atas!
b. Hitunglah meannya, dibulatkan sampai satu desimal!
3. Berat badan bayi (dalam kg) yang lahir pada bulan Januari di salah satu klinik adalah sebagai berikut
2,7 3,5 3,2 3,9 2,9 3,8 3,0 3,4 4,0
3,2 2,9 3,8 3,3 2,6 2,5 3,8 3,2 3,7
Tentukan modus dan mean (rata-rata) berat badan mereka!
4. Seorang atlet lompat jauh melakukan 6 kali lompatan dengan jauh lompatan berturut-turut 6,32 m, 6,30 m, 6,35 m, 6,42 m, 6,40 m, dan 6,37 m. Hitunglah rata-rata jauh lompatan atau mean dari data tersebut!
5. Rata-rata hasil penimbangan berat badan 8 orang siswa adalah 45 kg. Selanjutnya, hasil penimbangan tersebut digabung dengan berat badan beberapa orang siswa yang rata-rata beratnya 48 kg, sehingga rata-rata berat badan mereka naik 1,4 kg. Berapa orang siswa yang bergabung dalam kelompok terssebut?
6. Sebuah tim bola voli terdiri dari 6 pemain utama dan 4 pemain cadangan. Rata-rata tinggi badan pemain utama adalah 172 cm
Jika tinggi rata-rata pemain seluruhnya adalah 174 cm, hitunglah rata-rata tinggi badan pemain cadangan pada tim bola voli tersebut!
7. Tabel berikut menunjukkan hasil uji kompetensi matematika dari 30 orang siswa
a. Tentukan mean dari data di atas!
b. Berapa banyak siswa yang memperloeh nilai di atas nilai rata-rata?
8. Banyak buku tulis yang dibawa oleh sekelompok siswa SMP pada hari tertentu tercatat sebagai berikut
a. Tentukan mean dan modus dari data di atas!
b. Berapa banyak siswa yang membawa buku kurang dari 5 buah?
9. Perhatikan tabel beriku!
a. Tentukan nilai x, jika mean dari data di atas adalah 7,3!
b. Tentukan banyak siswa yang memperoleh nilai kurang dari 6!
10. Dalam komopetisi sepak bola, skor yang dipeoleh sebuah tim ditentukan sebagai berikut
- Menang pada partai kandang diberi skor 2 dan pada partai tandang diberi skor 3
- Kalah pada partai kandang maupun partai tandang diberi skor 0
- Seri pada partai kandang maupun partai tandang diberi skor
Tabel berikut adalah hasil pertandingan yang diperoleh sebuah kesebelasan
Berdasarkan tabel di atas, tentukan:
a. Tabel distribusi frekuensi dengan kolom skor (nilai) mulai dari 0 sampai 3
b. Nilai mean dan modusnya
11. Daftar berikut adalah data hasil uji kompetensi matematika sekelompok siswa di kelas VIII
Tentukan mean dan kelas modus dari data di atas!
12. Hasil pengukuran tinggi badan sekelompok siswa (diukur sampai cm terdekat) adalah sebagai berikut
156 150 154 160 158 157 161 155 163
162 153 152 156 161 164 159 162 154
151 163 157 150 155 161 152 158 162
165 159 157 158 151 154 162 151 153
a. Buatlah tabel distribusi frekuensi dengan interval kelas 3 mulai dari 150-152!
b. Tentukan mean dan kelas modus dari data di atas!
Jawaban
Modus= 14
Modus= 7
Mean= jumlah/jumlah freuensi= (4+10+18++14+24+9)/(1+2+3+2+3+1)= 79/12= 6,6
Modus= 6 dan 8
Modus= 6 dan 8
Mean= (10+18+28+16+18)/(1+3+4+2+2)= 90/13= 6,9
Modus= 7
Modus= 7
b). Mean= jumlah/jumlah frekuensi= (12+28+48+45+20+11)/(2+4+6+5+2+1)= 164/20= 8,2
Mean= (2,5+2,6+2,7+2,9+3,0+3,2+3,3+3,4+3,5+3,7+3,8+3,9+4,0)/(1+1+1+2+1+3+1+1+1+1+3+1+1)= 59,4/18=3,3
4. Mean= jumlah/jumlah frekuensi= 6,32+6,30+6,35+6,42+6,40+6,37)/6= 38,16/6= 6,36
5. Misal rata-rata berat badan beberapa orang siswa= h
Jumlah berat badan seluruhnya= (8x45)+(hx48)= 360+48h
Banyak data seluruhnya= 8+h
Rata-rata berat badan seluruhnya= 45+1,4= 46,4
Mean= jumlah/jumlah frekuensi
46,4= (360+48h)/(8+h)
46,4(8+h)= 360+48h
371,2+46,4h= 360+48h
371,2-360= 46,4-48h
11,2/1,6=7 siswa
6. Mean= jumlah/jumlah frekuensi
174= jumlah/(6+10)
174= jumlah/10
174x10= jumlah
1740= jumlah
Jumlah tinggi badan seluruhnya= (6x172)+(4xh)
1740= 1032+4h
1740-1032= 4h
708= 4h
708/4=h
177=h
Mean= (10+30+42+72+45+10)/(2+5+8+9+5+1)= 209/30= 6,97
b). 8+9+5+1= 23
Mean= = jumlah/jumlah frekuensi= (0+9+36+50+72+14)/(0+3+9+10+12)= 181/36= 5,03
Modus= 6
b). 3+9= 12
Mean= jumlah/jumlah frekuensi
7,3= (120+8x)/(16+x)
7,3(16+x)= 120+8x
116,8+7,3x= 120+8x
116,8-120= 8x-7,3x
3,2= 0,7x
3,2/0,7=x
5=x
b). 6+5+3+1= 15
7,3= (120+8x)/(16+x)
7,3(16+x)= 120+8x
116,8+7,3x= 120+8x
116,8-120= 8x-7,3x
3,2= 0,7x
3,2/0,7=x
5=x
b). 6+5+3+1= 15
b). Mean= jumlah/jumlah frekuensi= (0+8+18+21)/(5+8+9+7)= 47/29= 1,6
Modus= 2
Mean= jumlah/jumlah frekuensi= 2520/30= 84
Kelas modus dari data di atas adalah kelas 85-89
Mean= jumlah/jumlah frekuensi= 5640/36= 157
Kelas modus dari data di atas adalah kelas 156-158
Demikianlah soal dan kunci jawaban Matematika bab 10 materi statistika pada semester 2. Ingatlah rumus rata-rata yaitu jumlah dibagi jumlah frekuensi. Semoga pembaca bisa memahami dan jawaban yang admin posting benar
Sumber buku: Matematika untuk SMP/MTs kelas viii semester 2 kurikulum 2013 revisi. Penerbit Erlangga
Post a Comment
Post a Comment