xRxMD7PS3NtTSVmco65VMRdxlfCE6kZjEW7YE8i1

TIPS CARA MERAWAT BATERAI LAPTOP AGAR TIDAK CEPAT RUSAK

walicomputer.web.id, -  Laptop tidak bisa lepas dari yang namanya baterai. Baterai ini merupakan salah satu komponen yang sangat penting dan bisa dibilang baterai ini adalah komponen utama yang fungsinya membuat laptop bisa hidup. Apalah artinya sebuah laptop Tanpa adanya baterai. Tentunya jika tanpa komponenen yang satu ini tidak dapat digunakan secara maksimal.


WWW.WALICOMPUTER.WEB.ID

Seperti yang kita tahu saat kita menggunakan laptop baterai tidak selamanya dapat memberikan daya listrik sehingga laptop dapat digunakan terus-terusan artinya jika baterai telah habis maka harus di charge agar memberi tegangan kembali. Nah, sedangkan daya tahan baterai setiap laptop tentunya sangat beragam, mulai dari yang hanya dapat bertahan sekitar 2 jam hingga mencapai 5 jam lebih.

Lalu bagaimana perkembangan teknologi baterai hingga saat ini.  Sedikit info saja buat sobat baru-baru ini telah hadir jenis baterai yang bernama Lithum. Kalau baterai biasa mungkin kita kan takut saat melakukan charging yang berlebihan atau  lupa melepasnya padahal sudah penuh. Jika hal tersebut dilakukan berulang-ulang maka baterai bisa rusak dan bahkan bisa melembung.  

Berbeda dengan baterai Lithum, sobat bisa melakukan charging kapanpun sesuka hati tanpa harus menunggu baterainya habis dan tak perlu takut juga jika terlalu lama melakukan charging karena baterai ini memiliki kemampuan tuk berhenti menampung daya listrik saat sudah penuh.  Jadi saat baterai penuh maka aliran listrik hanya lewat saja dan mencegah baterai tuk menampung lagi.

Nah bagi sobat yang baterai laptopnya bukan berjenis Lithum tentunya butuh perawatan agar awet dan tahan lama.  Tentunya karena baterai ini sulit diperbaiki saat rusak atau bahkan mustahil diperbaiki, kemungkinan jika baterai laptop sobat rusak lalu dibawa ke tukang service maka akan diminta tuk menggantinya saja. Nah, untuk membeli baterai laptop yang baru maka anda harus mengeluarkan banyak uang karena harganya yang cukup mahal. Bahkan bisa jadi baterai adalah komponen komputer yang harganya paling mahal dari harga komponen-komponen lainnya.

Tips 1: Jangan biarkan baterai benar-benar kosong

Mengisi baterai hingga melebihi batasan daya tampung atau terlalu penuh tentunya tidak baik. begitupun, membiarkan baterai laptop anda benar-benar kosong bahkan hingga 0% ini juga tak lebih baik. Jika cukup sering hal itu terjadi , maka secara perlahan dapat mempengaruhi ketahanan baterai.

Tips 2 :  Hindari Tempat Panas

Hindarkan laptop sobat dari tempat-tempat yang panas meski laptop dalam keadaan dimatikan. Tempat yang panas dapat mempengaruhi kinerja dari baterai bahkan jika dilakukan secara berkala dan dalam jangka panjang maka bisa mengakibatkan kerusakan pada baterai.

Tips 3 : Atur Pencahayaan Laptop
Bila laptop atau komputer semakin terang Pencahayaannya  maka daya baterai yang terkuras akan semakin boros atau tak tahan lama. Maka dari itu , sebaiknya anda atur Brightness dan Kecerahan Layar monitor

Tips 4 : Jangan Terlalu Sering Melepas Baterai Laptop
Melepas Baterai Laptop kemudian disambungkan secara langsung dengan daya listrik. Hal ini juga beresiko baterai dapat mengalami kerusakan. Terlebih lagi saat laptop menyala kemudian terjadi pemadan listrik maka tidak hanya dapat merusak baterai tapi juga komponen atau hardware lainnya

Tips 5 : Jangan mengira baterai akan hidup selamanya.

Bila laptop masih baru mungkin ketahanan baterai masih kelihatan normal-normal saja. Tapi seiring berjalanya waktu ketahanan baterai yang menurun akan mulai kita rasakan. Meski kita telah merawat dengan sebaik-bainya tapi perlu diingat baterai juga punya umur. Maka agar laptop dapat digunakan secara maksimal dan baterai bekerja dengan baik, sobat harus mengganti baterai lama dengan yang baru.

Semoga tips yang saya bagikan diatas bisa membantu anda Merawat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Rusak, awet dan tahan lama. Selamat mencoba.

Post a Comment

Terimakasih sudah membaca artikel kami, silahkan tinggalkan komentar jika ada keluhan mengenai link yang mati atau artikel rusak silahkan laporkan kepada kami ya !!!!