xRxMD7PS3NtTSVmco65VMRdxlfCE6kZjEW7YE8i1

TANYA JAWAB MASALAH SEPUTAR DAPODIK VERSI 2020

Info Harianku, Banyak Permasalahan yang di alami bagi rekan-rekan operator sekolah seluruh Indonesia dalam penggunaan dan penginstalan pada Aplikasi Dapodik Versi 2020 yang telah dirilis pada tanggal 19 Bulan Agustus 2019 yang lalu, ternyata banyak yang banyak belum memahami sekali terkendala dalam pendataan Dapodik tersebut. Maka admin sediahkan Seputar Tanya Jawab Dapodik Versi 2020 yang disampaikan oleh Bapak Yusuf Rokhmat, maka dari itu mari kita simak bersama apa yang telah disampaikan oleh Bapak Yusuf Rokhmat sebagai Pengembang Dapodik.

Tanya : database masih terdeteksi versi lama 2.98d
Jawab : clear cache/ hapus histori browser lalu reload
https://walicomputer.blogspot.com
TAMPILAN NOTIFIKASI ERROR 2.98D
Tanya : Siswa tidak lulus, Siswa DO masuk kembali, Bagaimana caranya ?
Jawab : lapor ke dinas kab/kota utk membatalkan siswa keluar nya di aplikasi manajemen dinas lalu Sekolah sync. Maka siswa tersebut muncul di App dapodik skolahnya lagi. Masukkan kembali ke rombel yang sesuai. Jangan lupa sesuaikan juga dengan registrasi peserta didiknya.
Tanya : kenapa TMT KGB atau Pangkat dan Golongan dinyatakan invalid padahal isiannya sesuai 2019-04-01
Jawab : hapus baris TMT tersebut  lalu inputkan lagi dengan isi yamg sama. kemudian sync lagi.
https://walicomputer.blogspot.com
TAMPILAN RIWAYAT GAJI BERKALA

Tanya : kenapa saat instalasi terjadi error dengan notifikasi pesan muncul  "VCRUNTIME140.dll not found"
Jawab : ada komponen windows yang kurang lengkap. Unduh komponen tersebut di link VISUAL C++ lalu install kembali App Dapodik nya.
https://walicomputer.blogspot.com
TAMPILAN NOTIFIKASI SYSTEM ERROR

Tanya : saat instalasi terjadi error dengan Notifikasi Pesan  "THE APLICATION WAS UNABLE TO START CORRECTLY (0xc000007B)" ?
Jawab : ini disebabkan karena ada Aplikasi lain yang sudah terpasang di komputer atau Laptop menggunakan port yang sama dengan Dapodik. Cek lagi dan uninstall atau remove aplikasi tersebut yang bentrok dengan port milik App dapodik
Tanya : kenapa di tabel kesejahteraan peserta didik tidak ada pilihan kartu indonesia pintar ?
Jawab : klik dl tombol penerima KIP. Maka pilihan KIP di tabel kesejahteraan PD akan muncul.
https://walicomputer.blogspot.com
TAMPILAN TOMBOL PENERIMA KIP

Tanya : selesai instalasi malah jumlah GTK dan Tendik 0, tidak ada semua, bagaimana solusinya?
Jawab : klik tombol salin penugasan di tabel PTK. Maka data PTK tahun sebelumnya akan muncul semua. Penugasan PTK di sekolah harus di setting pertahun ajaran. Dengan tombol salin penugasan tersebut memudahkan sekolah untuk menyalin penugasan masing-masing PTK nya di tahun ajaran baru
Tanya : kenapa di menu validasi data ruang ini tampil, sementara di menu sapras data ruang ini tidak tampil?
Jawab : sekolah ini dulu pernah memiliki ruang praktek. Namun di versi yang baru, ruang praktek hanya untuk jenjang SMK. Solusi? Tunggu patch 2020.a
Tanya : saat instalasi terjadi error seperti di gambar. Apa penyebab nya dan solusinya bagaimana?
Jawab : ini disebabkan karena ada aplikasi lain yang sudah terpasang di komputer menggunakan port yang sama dengan Dapodik. Cek kembali dan uninstall atau remove aplikasi tersebut yang bentrok dengan port milik App dapodik
Tanya : bagaimana cara input data siswa baru ?
Jawab :
  1. Untuk siswa kelas 1 SD dapat menggunakan tarik data data PAUD/TK atau tambah secara manual di App Dapodik sekolah
  2. Untuk siswa kelas 7 SMP dan 10 SMA/SMK dapat menggunakan tarik data dari sekolah asal nya.
  3. Untuk siswa baru yang berasal dari luar Dapodik (MI, MTs, Luar Negeri) dapat menginputkan melalui web dapodik kemudian di approv oleh dinas pendidikan setempat.
  4. Untuk daerah yang sudah terintegrasi PPDB ke Dapodik tidak perlu menarik lagi karena siswa baru tersebut sudah muncul di App Dapodikk Masing-Masing sekolah secara otomatis. Daftar kab/kota/prov yang telah melakukan migrasi data PPDB ke dalam dapodik:
Tanya : saat selesai instalasi terjadi error seperti ini. Kenapa dan solusi nya?
Jawab : sistem OS windows tidak berhasil membuat shortcut di desktop untuk App Dapodik. Solusi tidak masalah terhadap aplikasi dapodik. Cara buka app dapodik nya dengan carai membuka browser dan Ketik localhost:5774

Demikianlah mengenai tentang Tanya Jawab Seputar Masalah Dapodik Versi 2020 ini dapat dipahami dan dipraktekan bagi rekan-rekan Operator Sekolah seluruh Indonesia. Semoga Bermanfaat dan membantu.

Post a Comment

Terimakasih sudah membaca artikel kami, silahkan tinggalkan komentar jika ada keluhan mengenai link yang mati atau artikel rusak silahkan laporkan kepada kami ya !!!!