xRxMD7PS3NtTSVmco65VMRdxlfCE6kZjEW7YE8i1

NEW APLIKASI DAPODIK TAHUN PELAJARAN 2020/2021

walicomputer.web.id, Data Pokok Pendidikan adalah salah satu sistem pendataan yang dikelola oleh  Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah yang memuat data satuan pendidikan, peserta didik, guru dan tenaga kependidikan, dan substansi pendidikan yang disebut sebagai entitas data, dan terus menerus diperbaharui secara daring.  Hasil pengumpulan data melalui Dapodik menjadi dasar diterbitkannya data statistik pendidikan  yang  memberikan  akses  informasi  kepada  para  pemangku kepentingan.
walicomputer.web.id

Sebelum teman-teman dapat mengambil materi di blog ini, mohon dibaca dulu simak postingan artikel secara menyeluruh  (biasakan  membaca  literasi)  sehingga teman-teman nantinya tidak  mengalami  kendala  dalam  hal  mengambil  materi yang  diinginkan  oleh  teman-teman sebagai pengunjung  Blog  ini. Maka admin inginkan partisipasinya  dalam  memberikan kritik, saran maupun komentar di tempat yang telah disediakan.

Sistem pendataan Dapodik pada tahun ajaran 2020/2021 mengembangkan pembaruan Aplikasi Dapodik versi terbaru yang diberi nama versi 2021. Secara sistem, pembaruan versi 2021 disiapkan untuk dapat memenuhi kebutuhan pemanfaatan data di semester ganjil ini. Aplikasi Dapodik versi 2021 dikemas dalam bentuk installer.

Pembaruan yang paling menonjol pada versi 2021 di antaranya penggabungan aplikasi antara Dapodikdasmen dengan Dapo PAUD-Dikmas, penambahan fitur tarik data pada proses sinkronisasi untuk menurunkan perubahan data yang terjadi di server ke lokal, perubahan proses bisnis untuk perekaman GTK baru, perubahan proses bisnis untuk penambahan dan perbaikan akun GTK, penonaktifan kurikulum 2006 (KTSP), dan perbaikan-perbaikan lainnya.

A. Persiapan Instalasi Aplikasi Dapodik

1) Spesifikasi Komputer
Spesifikasi komputer yang direkomendasikan, yaitu:
a)  prosesor Intel Core i3 atau yang setara;
b)  memori standar 4GB DDR3;
c)  hard drive 120 GB SSD/500 GB HDD;
d)  sistem operasi Windows 10;
e)  aplikasi  terpasang  peramban  web  seperti  google  chrome,  mozilla firefox, atau opera.

2) Kode Registrasi dan Akun Petugas Pendataan
Sebelum memulai proses instalasi Aplikasi Dapodik Versi 2021, pastikan sekolah sudah memiliki kode registrasi dan akun yang akan digunakan dalam proses instalasi. Kode registrasi diperoleh melalui Admin Dinas Pendidikan Kab/Kota untuk jenjang PAUD-Dikmas/SD/SMP, dan Admin Dinas Pendidikan Provinsi untuk jenjang SLB/SMA/SMK.

3) Unduh Aplikasi Dapodik
Aplikasi Dapodik Versi 2021 saat ini tersedia dalam bentuk file installer yang merupakan hasil perbaikan dan pembaruan dari aplikasi versi sebelumnya. Untuk mengunduh Aplikasi Dapodik Versi 2021, lakukan langkah-langkah sebagai berikut:
a)  buka laman  https://dapo.kemdikbud.go.id
b)  klik Menu Unduhan 
c)  klik Unduh Installer

4) Generate Prefill Aplikasi Dapodik
Generate prefill merupakan tahapan untuk mengambil data sekolah dari server agar dapat diregistrasi di Aplikasi Dapodik secara offline (dalam bentuk file .prf). Generate prefill merupakan data sekolah hasil sinkronisasi terakhir.

Untuk meningkatkan keamanan dari segi pengguna, saat ini proses generate prefill dapat dilakukan setelah petugas pendataan memasukkan username, password yang benar dan kode registrasi Aplikasi Dapodik yang aktif.

Sebelum masuk ke dalam pembahasan mengenai langkah-langkah melakukan generate prefill, sebaiknya petugas pendataan mengetahui terlebih dahulu ketentuan-ketentuan umum, antara lain:
  1. Generate  Prefill  yaitu  tahapan  untuk  mengambil  data  sekolah  dari server agar dapat diregistrasi di Aplikasi Dapodik secara offline.
  2. data sekolah yang diambil merupakan hasil sinkronisasi terakhir.
  3. Masukkan username, password dan kode registrasi sesuai di Aplikasi Dapodik.
  4. jika ada penggantian petugas pendataan di sekolah kode registrasi, username dan password dapat diganti oleh Admin Dapodik di Dinas Pendidikan.
  5. Registrasi awal di aplikasi dapat dilakukan tanpa harus menggunakan prefill, dengan syarat harus terhubung internet (online).
  6. Jangan  lakukan  registrasi  dengan  menggunakan  prefill  yang  lama (kadaluarsa). Jika ingin pindah ke komputer lain, lakukan siklus "sinkronisasi > generate prefill ulang" untuk mencegah duplikasi data.
Selengkapnya, untuk memulai proses  generate prefill  silakan lakukan langkah-langkah di bawah berikut:
  1. buka laman https://dapo.kemdikbud.go.id/unduhan
  2. pilih menu “DATA PREFILL
  3. pilih salah satu tautan unduh prefill dapodik yang tersedia dan disesuaikan dengan kode mapping prefill yang sudah tersedia.
Username dan password yang digunakan untuk mengunduh prefill merupakan data pengguna yang terdaftar di server pusat. Jika  terdapat ketidaksesuaian data ketika melakukan proses generate prefill, segera lakukan konfirmasi dengan Admin Dapodik Dinas Pendidikan

Untuk dapat mengunduh Instaler Dapodik 2021 silahkan klik dibawah yang telah disediahkan oleh admin


Terima kasih atas kunjungannya di blog sederhana ini. maka  admin tunggu kunjungan berikutnya, bila materi yang  Admin  sajikan  dirasakan  sangat  bermanfaat dan membantu,  jangan lupa  bagikan  ke  teman-teman  yang  lainnya  agar nantinya postingan ini lebih bermanfaat.

Post a Comment

Terimakasih sudah membaca artikel kami, silahkan tinggalkan komentar jika ada keluhan mengenai link yang mati atau artikel rusak silahkan laporkan kepada kami ya !!!!