. Tips Menghadapi Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) CPNS - WALI COMPUTER
xRxMD7PS3NtTSVmco65VMRdxlfCE6kZjEW7YE8i1

Tips Menghadapi Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) CPNS

Post a Comment
razitaops.com, - Tips Menghadapi Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) CPNS, Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh pada kesempatan kali ini admin akan membagikan Tips Menghadapi Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) CPNS, berikut dibawah ini penjelasannya.


https://pixabay.com/id
Seleksi kemampuan dasar (SKD) adalah tahapan awal dalam serangkaian tes yang diujikan dalam seleksi penerimaan Mahasiswa Baru Sekolah Kedinasan dan CPNS. SKD sendiri adalah tes berbasis komputer (CAT) yang biasa diuji untuk mengetes kemampuan seseorang bila nantinya dia bekerja atau menjadi PNS. Tapi yang perlu anda ketahui tes ini baru diujikan diawal sebelum menjadi mahasiswa dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru sekolah kedinasan pada tahun 2012 silam. Sebelumnya untuk menjadi mahasiswa  sekolah kedinasan, peserta tidak perlu menempuh tahapan ini. Baru ketika tahun 2012, SDK menjadi tes yang harus ditempuh lulusan sekolah kedinasan untuk bisa diangkat menjadi CPNS. TKD berjumlah 100 soal yang harus dikerjakan dalam waktu 90 menit.

A. TES WAWASAN KEBANGSAAN (TWK)
https://pixabay.com/id
Jumlah soal : 35
Tes ini bertujuan untuk menilai kompetensi pendaftaran dalam hal penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai 4 (empat) pilar Kebangsaan Indonesia. Nah tes ini dinilai cukup sulit karena selain materi yang luas, materi ini seringkali diabaikan oleh para siswa/i ketika belajar disekolah. Berbeda dengan tes TPA atau TBI yang cenderung dianggap serius bahkan sejak SMA sekalipun.

Aturan nilai :
Setiap poin benar mendapat nilai 5 dan yang salah tidak mendapatkan poin. Jadi poin maksimal bisa mencapai 175 (35 x 5) poin.

Nilai mati (Passing grade):
43% dari nilai maksimal, atau senilai 75 poin. Berarti kita harus benar paling tidak 15 soal dari 35 soal yang ada.

B. TES INTELEJENSI UMUM (TIU)
https://pixabay.com/id
Jumlah soal : 30
Tes ini sejenis dengan TPA (Tes Potensi Akademik) yang sudah diujikan di tes tahap pertama SPMB PKN STAN. Jadi yang diujikanpun sama, dari kemampuan verbal, analitis, logisme, penalaran dsb. Jadi dengan memantapkan TPA, anda sudah berlatih untuk tes ini juga. Istilahnya, sekali menyelam, minum air.

Aturan nilai :
Bila benar, 5 poin. Bila salah, 0 poin.

Nilai Mati :
54% dari nilai maksimal, atau senilai 80 poin. Berarti kita harus benar minimal 16 soal dari 30 soal yang ada.

C. TES KARAKTERISTIK PRIBADI (TKP)
https://pixabay.com/id
Jumlah soal : 35
Tes ini bertujuan untuk menguji mental dan kepribadian kita. Respon dan sikap kita akan dinilai dalam beberapa kasus atau kejadian yang dimunculkan dalam soal. Tidak perlu kuatir, tes kepribadian ini tidaklah berat. Asal tahu standar manusia yang baik dan bercitra kompeten, kita pasti bisa mengerjakan soalnya dengan baik.

Aturan nilai :
Tidak ada benar/salah pada tes Karakteristik Pribadi, melainkan poin ditentukan oleh jawaban yang paling menunjukkan karakter pribadi yang baik yaitu 5 poin, 4 poin, 3 poin, 2 poin, dan yang terakhir 1 poin. Nilai maksimal untuk tes Karakterisktik Pribadi adalah 175 poin.

Nilai mati (passing grade):
83% dari nilai maksimal, atau senilai 143 poin.

Sumber : Buku Modul Bebas Kedinasan CPNS

Demikianlah artikel tentang Tips Menghadapi Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) CPNS, semoga bermanfaat bagi semua yang membacanya ya. terima kasih.

Related Posts

Post a Comment

Follow by Email