xRxMD7PS3NtTSVmco65VMRdxlfCE6kZjEW7YE8i1

Materi Tentang Tolong Menolong

razitaops.com, - Materi Tentang Tolong Menolong, Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh pada kesempatan kali ini admin akan membagikan Materi Tentang Tolong Menolong, dan berikut dibawah ini penjelasannya.

https://pixabay.com/id
Tolong menolong dalam bahasa Arab berarti ta'awun. Ta'awun, yaitu suatu usaha menolong orang lain yang memerlukan pertolongan untuk meringankan beban atau penderitaan mereka.

Tolong menolong merupakan kewajiban bagi setiap manusia. Dengan tolong menolong, kita dapat menjalin hubungan baik dengan semua orang, mempererat silaturahmi dan menciptakan lingkungan yang damai dan rukun.

Tolong menolong sangat dianjurkan dalam agama. Orang yang tidak memiliki sikap tolong menolong dikategorikan sebagai pendusta agama, sebagaimana yang disebutkan dalam ayat ke-7 surah Al-Ma'un. Allah memerintahkan kita untuk tolong menolong dalam perbuatan maksiat dan dosa.

Tolong menolong bisa dicontohkan dalam perilaku sehari-hari, misalnya meminjamkan alat tulis kepada teman yang lupa membawa alat tulis. Membantu mengumpulkan sumbangan untuk korban bencana alam dan membantu orang tua menyeberang jalan adalah contoh lain dari sikap tolong menolong.

Tolong menolong banyak mendatangkan manfaat bagi kita, di antaranya:
1. Menimbulkan rasa empati dan peduli dalam setiap pribadi masyarakat
2. Memberikan rasa ketenangan dan bermanfaat bagi orang lain
3. Meringankan beban orang lain
4. Mempercepat tali persaudaraan

Demikianlah materi singkat tentang tolong menolong, semoga bermanfaat buat kalian semua. terima kasih.


Post a Comment

Terimakasih sudah membaca artikel kami, silahkan tinggalkan komentar jika ada keluhan mengenai link yang mati atau artikel rusak silahkan laporkan kepada kami ya !!!!