. Unsur-Unsur Manajemen, Pengertian Manajemen dan Tingkatannya - WALI COMPUTER
xRxMD7PS3NtTSVmco65VMRdxlfCE6kZjEW7YE8i1

Unsur-Unsur Manajemen, Pengertian Manajemen dan Tingkatannya

Post a comment
razitaops.com, - Unsur-Unsur Manajemen, Pengertian Manajemen dan Tingkatannya , Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh pada kesempatan kali ini admin akan membagikan Unsur-Unsur Manajemen, Pengertian Manajemen dan Tingkatannya, berikut dibawah ini penjelasannya.
https://pixabay.com/id
1. Pengertian Manajemen
     Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian kegiatan anggota organisasi dan proses penggunaan sumber daya organisasi lainnya untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan. Banyak pendapat yang dikemukakan oleh para ahli tentang definisi manajemen yang berbeda satu dengan yang lainnya. Perbedaan itu terjadi karena adanya perbedaan dalam cara melihat tentang manajemen itu sendiri. Paling tidak terdapat tiga cara melihat tentang pengertian manajemen.

a. Pengertian manajemen dilihat dari segi seni (art)
Definisi manajemen dilihat dari segi seni dikemukakan oleh Mary Parker Follet. Follet mengatakan manajemen adalah seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.

b. Pengertian manajemen dilihat dari segi ilmu pengetahuan
Definisi manajemen dilihat dari segi ilmu pengetahuan dikemukakan oleh Luther Gulick.
Gulick mengatakan bahwa manajemen adalah bidang pengetahuan yang berusaha secara sistematis untuk memahami mengapa manusia dan bagaimana manusia bekerjasama untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi kemanuasiaan.

c. Pengertian manajemen dilihat dari segi proses
Definisi manajemen dilihat dari segi proses dikemukakan oleh James A.F. Stoner. Stoner mengatakan bahwa manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengawasan kegiatan anggota dan tujuan penggunaan organisasi yang sudah ditentukan.

Dari berbagai pengertian manajemen diatas, dapat dirumuskan bahwa manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian kegiatan anggota organisasi dan proses penggunaan sumber daya organisasi lainnya untuk tercapainya tujuan organisasi yang telah ditetapkan.

2. Tingkat-tingkat Manajemen
Organisasi atau badan usaha umumnya mempunyai sedikitnya tiga jenjang manajemen yaitu manajemen puncak, manajemen menengah, dan manajemen pelaksana.

a. Manajemen puncak (top management)
Manajemen puncak adalah jenjang manajemen tertinggi. Jenjang manajemen tertinggi          puncak biasanya terdiri atas dewan direktur dan direksi utama. Dewan direksi mempunyai tugas memutuskan hal-hal yang sangat penting sifatnya bagi kelangsungan hidup perusahaan. Manajemen puncak bertugas menetapkan kebijaksanaan operasional dan membimbing interaksi organisasi dengan lingkungannya.

b. Manajemen menengah (middle management)
Manajemen menengah biasanya memimpin suatu divisi atau pimpinan pabrik. Tugasnya adalah mengembangkan rencana-rencana operasi dan menjalankan tugas-tugas yang ditetapkan manajemen puncak. Mereka bertanggungjawab pada manajemen puncak.

c. Manajemen pelaksana (supervisory management)
manajemen pelaksana adalah manajemen yang bertugas menjalankan rencana-rencana yang dibuat manajemen menengah. Selain itu, mereka juga mengawasi para pekerja dan bertanggungjawab pada manajemen menengah.

Demikianlah artikel tentang Unsur-Unsur Manajemen, Pengertian Manajemen dan Tingkatannya. Semoga bermanfaat untuk semuanya, terima kasih.

Related Posts

Post a comment

Follow by Email