. TIPS BERBISNIS TIDAK HARUS BERBAKAT !!!.. - WALI COMPUTER

TIPS BERBISNIS TIDAK HARUS BERBAKAT !!!..

Post a comment

walicomputer.web.id, - Beberapa Hal Ini Bisa Membantu kamu Menuju Sukses, Berdalih bahwa kesuksesan orang lain karena bakat mereka. Secara tidak langsung, kamu sedang menghibur diri atas kegagalan sendiri. Sampai kapan bersembunyi di balik alasan? kamu memilih menyerah saat pertama kali merasakan kegagalan.

walicomputer.web.id

Katanya, kamu ingin sukses seperti pebisnis dunia. Kenapa mental itu masih saja lemah?
Baru sekali, hasil perjuangan kamu direndahkan, eh susah langsung menyerah dan tidak mau berusaha.

Bakat bukan penentu kesuksesan seseorang lo. Bakat hanya kemampuan dasar yang dimiliki setiap orang. Itu artinya, setiap orang memiliki bakat yang bisa diasah. Percuma saja berbakat kalau kamu tidak mau mengasahnya. Bakat hanya sekadar kata yang tidak berguna, jika pemiliknya tidak mau mengakui itu.

Menjadi pebisnis dan sukses tidaklah semata-mata ditentukan adanya bakat.

Apapun latar belakang Anda atau jika Anda merasa tidak berbakat dalam berbisnis, tidak perlulah Anda pusingkan lagi. Jangan menjadikan alasan tidak berbakat untuk tidak mencoba berbisnis.

Buang jauh-jauh pemikiran itu! Tanpa bakat, Anda bisa menjadi sukses dengan beberapa hal ini sebagai berikut ; 

1. Miliki Minat Berbisnis

Hal terpenting dalam memulai bisnis adalah memiliki minat yang besar atau passion. Harus ada keinginan yang kuat dari dalam diri Anda untuk menekuni bidang bisnis.

Jika Anda berminat, maka Anda akan dengan senang hati mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan dunia bisnis. Ketertarikan Anda pada bisnis akan membuat diri Anda terdorong untuk selalu mempelajarinya.

2. Tepat Waktu

Tidak harus berbakat juga untuk menjadi orang yang tepat waktu, hanya membutuhkan keterbiasaan dan disiplin Anda.

Orang berbakat belum tentu bisa bersikap tepat waktu. Maka, Anda yang merasa tidak berbakat, tidak lagi ada alasan tidak bisa menjadi orang yang tepat waktu.

Belajar menjadi orang tepat waktu, dapat memupuk diri menjadi orang yang menghargai waktu.

Biasakanlah diri, tidak telat, datang lebih awal dan memanfaatkan waktu yang terus bergulir. Sikap ini, menjadikan Anda lebih menghargai orang lain.

Secerdas apapun Anda dilahirkan, tetap menjadi tidak berguna jika waktu saja tidak dihargai.

3. Pelajari Dunia Bisnis

Bakat berbisnis bukan modal utama untuk pandai berdagang. Keahlian atau skill dalam menjalankan bisnis bisa dilatih kok. Yang terpenting, Anda menumbuhkan minat bisnis Anda dan tekun mempelajarinya.

Bacalah buku-buku dan artikel di internet tentang bisnis, serta bergabunglah dengan komunitas bisnis. Belajarlah dari berbagai sumber untuk memperkaya ilmu dan membuka wawasan Anda.

4. Memiliki Etika

Orang yang tidak cerdas tetap dihormati dan dihargai jika memiliki etika dalam setiap langkahnya. Begitu pula orang cerdas yang tidak memiliki etika, mereka hanya menjadi orang yang buruk, merusak orang lain dan tidak berguna.

Etika artinya perilaku yang baik. Orang yang memiliki etika, ia sangat berhati-hati dalam bersikap, berbicara dan bertindak sama orang yang lebih tua, dewasa, atau muda.

Terhadap semua orang walaupun dia belum mengenalnya lebih jauh. Kalau Anda saja tidak memiliki etika, sulit sekali dapat mencapai kesuksesan.

Etika mengajarkan orang bersikap sopan santun dalam berbicara. Menjadikan kita sebagai makhluk toleran saat berinteraksi dan tidak mementingkan diri sendiri. Selain itu, etika menjadi pembeda antara diri sendiri dengan orang lain.

5 Mau Belajar dan Diajari

Sikap rendah hati, mau belajar dan diajari adalah langkah awal mencapai kesuksesan. Sekarang, sangat sulit menemukan orang-orang yang mau belajar dan diajari. Hampir sebagian besar manusia, sudah merasa paling pintar dan sok jago, tidak mau belajar atau menerima saran dari orang lain. Tidak heran, jika dalam sebuah komunitas terjadi cek-cok karena setiap anggotanya merasa pintar.

Tetaplah berendah hati, meski kita sudah berilmu daripada orang yang hendak mengajarkan kita. Namun, belum tentu ilmu yang akan diajarkan sudah kita ketahui seluruhnya. menjadilah pendengar yang baik. Serap semua ilmu-ilmu dari orang yang berkenan mengajarkan kita.

6. Learning by Doing

Pengetahuan Anda tentang bisnis akan percuma jika tidak diterapkan. Anda harus berani mengambil tindakan untuk membuka bisnis Anda sendiri.

Segera pikirkan ide bisnis dan membuat rencana bisnisnya. Kemudian, jalankan bisnis tersebut, entah itu sendirian atau bersama rekan bisnis Anda.

Nantinya, Anda akan belajar lebih banyak hal saat bisnis telah dimulai. Dengan learning by doing, Anda akan lebih tahu apa yang tepat dan tidak tepat untuk bisnis Anda.

Ingat, pengalaman adalah guru terbaik. Anda akan menghadapi banyak masalah, tapi semuanya akan mengajarkan Anda tentang dunia bisnis yang sebenarnya, bukan sekadar berteori belaka.

7. Bekerja Lebih Keras

Kesalahan orang gagal adalah menyerah. Mereka terlalu pesimis akan kegagalan yang didapat.

Jadilah pekerja lebih keras dalam melalui setiap proses. Sebab, hanya sedikit orang yang mau bekerja keras dalam meraih kesuksesan mereka. Itu sebabnya, sedikit orang sukses di dunia ini. Karena memang sedikit pula yang mau bekerja lebih keras dan berjuang mencapai kesuksesan.

8. Selalu Memiliki Persiapan

Gerusah-gerusuh dalam mengerjakan suatu hal, tidak memberikan hasil yang baik. Persiapan tetap menjadi peran penting untuk hasil yang maksimal. Perencanaan matang dapat memudahkan Anda mencapai kesuksesan.

Mempersiapkan segala perjalanan meraih kesuksesan secara terencana, menyusun perencanaan dan menjalankannya tanpa tergesah-gesah. Anda bisa menjadi orang sukses di masa depan, kalau memulai menyusun rencana-rencana sejak dini.

Tidak berbakat tidak masalah, menjadi masalah kalau Anda tidak memiliki karakter diri yang baik.

Misalnya, seseorang yang ingin menjadi penyanyi, namun dianggap tidak berbakat karena suaranya yang false. Mereka tetap memiliki peluang menjadi penyanyi, asal mau berlatih membentuk suara menjadi lebih merdu. Dengan apa? Dengan menjadi orang yang tepat waktu, memiliki etika, mau diajari, bekerja lebih keras dan selalu memiliki persiapan.

9. Bulatkan Tekad untuk Berbisnis

Membangun usaha itu tidak mudah. Anda juga butuh tekad yang kuat agar Anda tetap yakin bahwa berbisnis adalah hal yang Anda inginkan sebagai jalan hidup Anda.

Dengan kebulatan tekad, Anda akan tetap berkomitmen dan konsisten dalam menjalankan bisnis Anda. Anda tidak akan mudah putus asa, terutama saat bisnis tidak berjalan dengan baik.

Sebab membuat bisnis Anda berhasil tidak hanya membutuhkan waktu seminggu atau sebulan, tapi Anda akan menjalani proses yang panjang yang mungkin memakan waktu bertahun-tahun.

Perjuangan Anda tidak sebentar. Anda dituntut untuk menikmati proses titu.
Maka dari itu, jagalah tekad Anda. Janganlah menyerah, dan teruslah berupaya melakukan yang terbaik untuk bisnis Anda.

Tapi penting juga untuk sadar akan keterbatasan usaha manusia. Jika sudah mengupayakan semua, serahkan sisanya pada kekuatan doa

Kadang, usaha saja tidak cukup untukmu menggapai kesuksesan. Kamu perlu meminta pada Allah demi dimuluskan jalanmu meraih kesuksesan. Jangan gengsi apalagi malu memanjatkan doa pada Allah. Kekuatan doa tak bisa kamu sepelekan begitu saja. Pada beberapa kesempatan, jangan ragu untuk meminta doa pada orang terdekat.

Jadi, bisa ditarik kesimpulan bahwa bakat berbisnis bukan penentu orang bisa sukses atau tidak. Hilangkan pola pikir bahwa bakat itu yang terpenting untuk menjadi seorang pebisnis yang berhasil.


Semoga bisa menginspirasi dan bermanfaat yah. jangan lupa share atau bagikan ke salah satu teman-temanmu.

Related Posts

Post a comment

Follow by Email