xRxMD7PS3NtTSVmco65VMRdxlfCE6kZjEW7YE8i1

PENYEBAB DAN CARA MENGATASI BOOTLOOP

walicomputer.web.id, -Bootloop merupakan mimpi buruk bagi semua pengguna Android. Jika terjadi bootloop, maka perangkat tersebut akan terus berputar-putar di boot screen dan tidak akan bisa masuk ke sistem.Hasilnya, perangkat tersebut tidak akan bisa digunakan kembali. Terdapat banyak cara mengatasi bootloop bisa Anda terapkan.

Namun cara mengatasi bootloop ini cukup baik karena setiap perangkat akan memiliki cara yang berbeda dari perangkat lainnya. Selain itu, permasalahan bootloop ini juga biasanya berakhir dengan terhapusnya informasi data yg ada di dalam perangkat android tersebut.

Nah kali ini saya akan mengulas tentang beberapa cara untuk mengatasi bootloop di perangkat android. Namun cara yang diulaskan di sini hanyalah cara yang umum saja dan bukan cara spesifik untuk setiap perangkat Android. Sebelumnya, mari kita bahas terlebih dahulu berbagai penyebabnya.

www.walicomputer.web.id


Penyebab Bootloop
Tidak ada asap jika tidak ada api. Ya, bootloop tidak mungkin terjadi secara tiba-tiba tanpa adanya penyebab secara spesifik.
Bootloop ini biasanya terjadi karena kita melakukan berbagai macam hal sehingga bersinggungan dengan sistem perangkat Android. Nah berikut adalah beberapa penyebab bootloop tersebut:

Flashing custom ROM
Kesalahan flashing custom ROM baru akan timbul bootloop sering terjadi setelah kita melakukan. Hal ini biasanya disebabkan karena ada dalvik-cache atau data lama yang belum terhapus sehingga malah digunakan oleh sistem yang baru. Paket custom ROM ini rusak juga dapat menyebabkan bootloop setelah Anda menginstalnya.

Instal mod
Bootloop biasanya juga terjadi setelah kita menginstal mod untuk sistem perangkat android.
Masalah ini muncul karena mod diinstal tidak kompatibel atau tidak cocok dengan ROM kita gunakan. Selain itu, mod tidak disusun dengan baik juga bisa menjadi penyebabnya bootloop ini.

Salah mengatur permission
Android sangat bergantung kepada permission sistem yang benar. Jika Anda salah mengatur permission Dari sebuah file sistem maka bisa berunjung Fatal atau bootloop. Maka itu, telitilah sebelum memberikan permission pada suatu file.

Restore system backup
Melakukan restore file berkaitan dengan sistem juga berpotensi menimbulkan bootloop.
Sama seperti penyebab pertama kali, masalah ini juga ditimbulkan oleh dalvik-cache lama belum terhapus secara sempurna.

Cara Mengatasi Bootloop
Setelah mengetahui berbagai macam hal penyebabnya, sekarang mari kita bahas cara mengatasi bootloop tersebut. Pastikan Anda mengetahui penyebabnya agar dapat mengatasinya dengan metode cara tepat.

Bersihkan dalvik-cache
Jika terjadi bootloop setelah selesai Anda melakukan flashing custom ROM baru atau setelah melakukan restore backup, maka cara pertama ini bisa Anda coba.

Cara ini anda membersihkan dalvik-cache lama sehingga sistem Akan menggantinya dengan yang baru. Pertama-tama matikan perangkat android secara total dengan cara melepas baterai lalu diamkan selama beberapa menit.

Jika perangkat mempunya baterainya tertanam dan tidak bisa dilepas, maka tekanlah tombol power selama beberapa menit hingga perangkat tersebut mati total.

Langkah selanjutnya hidupkan kembali perangkat tersebut lalu masuk ke menu recovery (CWM, TWRP, dan sejenisnya).

Cara masuknya berbeda-beda untuk setiap perangkat, dengan menekan tombol volume down, ada juga menekan tombol home, dan sebagainya. Silahkan sesuaikan dengan perangkat yang Anda miliki. Anda dapat menggunakan tombol volume, tahan tombol home, dan tombol power untuk melakukan ke menu recovery tersebut.

Namun fungsinya akan berbeda-beda di setiap perangkat. setelah masuk ke menu recovery, 
  • Pilih menu Advanced
  • Pilih opsi “Wipe dalvik-cache”
  • Selanjutnya buka menu “Mounts & Storage”
  • Pilih opsi “Wipe /cache”
  • Reboot
Hapus data
Jika setelah mengikuti langkah tersebut di atas masalah bootloop masih belum teratasi, maka Anda juga dapat mencoba menghapus datanya. Namun Anda harus melakukan backup terlebih dahulu untuk menyelamatkan datanya sebelum melakukan hapus data .

Berikut langkah-langkahnya:
  • Masuk ke Recovery
  • Pilih menu “Backup & Restore”
  • Pilih “backup”
  • Selanjutnya buka menu “Mounts & Storage”
  • Pilih “Wipe /data”
  • Pilih “Wipe /cache”
  • Reboot
Flash ROM baru
Jika kedua cara tersebut di atas belum mampu memecahkan masalah bootloop, maka kemungkinan besar custom ROM yang di instal rusak atau tidak kompatibel dengan perangkat android Anda.

Untuk mengatasinya, Anda harus mengunduh dan menginstal custom ROM baru. Caranya: 
Masuk ke recovery
  • Pilih “Instal zip”
  • Cari custom ROM baru Anda lalu download dan instal
  • Reboot
Jika tidak ingin menginstal ROM baru, Anda juga dapat menginstal stock ROM bawaan perangkat Anda. Cara ini berbeda-beda tergantung pada perangkat Anda gunakan. Sebagai contoh perangkat Sony dapat menggunakan aplikasi laptop atau komputer, Samsung dengan KIES, dan sejenisnya.

Koreksi permission
Jika bootloop disebabkan karena kesalahan memberi permission, maka cara mengatasinya cukup mudah.

Berikut langkah-langkahnya seperti dikutip dari XDA:
  • Masuk ke Recovery
  • Buka menu Advanced
  • Pilih opsi “Fix permissions”
  • Reboot
Demikianlah beberapa penyebab dan cara memperbaiki bootloop dapat diterapkan pada perangkat Android Anda.

Ingat!!! cara di atas hanyalah gambaran secara umum sehingga tidak semuanya setiap perangkat dapat diterapkan.

Semoga artikel ini berguna bagi kita semua. Jangan lupa berikan komentar yang bersifat membangun. ingin berlanggan informasi di blog ini silahkan ikuti via email. terima atas kunjungan anda.

Post a Comment

Terimakasih sudah membaca artikel kami, silahkan tinggalkan komentar jika ada keluhan mengenai link yang mati atau artikel rusak silahkan laporkan kepada kami ya !!!!