. TIPS CARA MENGATASI DAN MERAWAT HARDISK TIDAK CEPAT RUSAK - WALI COMPUTER

TIPS CARA MENGATASI DAN MERAWAT HARDISK TIDAK CEPAT RUSAK

3 comments
walicomputer.web.id, - Hardisk pada Laptop atau notebook merupakan salah satu komponen fatal. Karena itu merawat hardisk sanggat penting. Sama pentingnya cara merawat baterai laptop atau cara merawat komponen laptop lainnya.
www.walicomputer.web.id
TIPS CARA MENGATASI DAN MERAWAT HARDISK TIDAK CEPAT RUSAK

mengapa merawat hardisk sangat penting? alasan utama adalah harga Hardisk. Harga Hardisk terbilang lebih mahal. Memang Laptop Anda masih garansi dan ada kerusakan pada Laptop, masih bisa diganti oleh produsen laptop. Jika tidak, tentu anda perlu membelinya ?

untuk itu, dari pada  mengeluarkan dana Anda buat Hardisk yang baru sebaiknya ketahui cara merawat Hardisk agar awet dan tidak cepat rusak. Dan berikut ini admin akan memberikan langkah-langkah mengatasi hardisk yang baik dan benar.

Langkah Pertama :
Hindari Penggunaan Partisi Berlebihan,
Pada umumnya hardisk mempunya kapasitas lebih besar dari yang 320, 500gb atau 1TB. biasanya kapasitas hardisk bakal di bagi-bagi penyimpannya atau yang biasa disebut Partisi. Contoh Partisi C untuk Sistem Operasional Windows, Partisi D untuk Penyimpanan Data Pekerjaan atau Tugas, dan Partisi E untuk penyimpanan data Program Aplikasi Komputer atau Android, cukup membuat 3 partisi saja untuk menghidari partisi berlebihan.
aqsha-computer.blogspot.com
sumber : www.easeus.com

Kedua
Dengan Cara Melakukan Defrag Hardisk
Untuk melakukan defrag, bisa anda memilih bawaan Windows, atau bisa juga menggunakan Program Deprag pihak ketiga seperti Ultradeprag atau yang lainnya. Sebelum melakukan defrag, cek terlebih dahulu apakah fragmentasinya melebih di atas 10 %, baru anda melakukan defrag. proses deprag membutuhkan lebih lama atau tidak lama karena kapasitas Hardisk lebih besar.
www.walicomputer.web.id
Cara Melakukan Defrag Hardisk

Ketiga
Mematikan Laptop dengan benar
Cara Mengatasi Hardisk Tidak Cepat Rusak dengan cara mematikan laptop dengan benar sesuai prosedur. Memang terlihat sepele kebanyakan Pengguna cara memaksa mencabut dari kontak pengisian baterai jika baterai Anda sudah rusak atau drop. Tapi harus Anda Ingat, ketika laptop masih menyala begitu juga Hardisk masih bekerja saat dimatikan mendadak atau memaksa mencabut kontak pengisian tentunya akan menyiksa hardisk yang sedang memproses atau membaca data program. Karena itu selalu mematikan laptop dengan cara mengklik di star menu lalu klik Shutdown bukan di sleep jangan memaksa menutup laptop jika laptop masih dalam keadaan hidup. Tunggu sampai laptop benar-benar mati.tapi memang ribet harus mematikan laptop tapi demi kebaikan Hardisk laptop Anda
www.walicomputer.web.id
sumber : pro.co.id

Keempat
Hindari laptop dari Guncangan atau Jatuh di sengaja
Sebisa mungkin anda bisa menjaga laptop dan menyimpan ditempat yang aman dari  kerusakan  pada hardisk. Apalagi jika laptop masih menyala matikan terlebih dahulu.

Kelima
Hindari menggunakan laptop di atas Kasur.
Anda sering menggunakan laptop di atas kasur, sebaiknya untuk tidak melakukan lagi. tapi ini akan membuat sirkulasi udara tidak bisa keluar akan terjadi panas pada laptop karena sirkulasi udara tidak optimal keluar menyebabkan laptop adan tersendat tentu akan mempengaruhi Hardisk pada laptop.
www.walicomputer.web.id
Hindari menggunakan laptop di atas Kasur.

Keenam
Simpan di atas meja jangan di simpan dalam Tas atau didalam Kolong meja
Lantas dimana anda akan menyimpan Laptop?, jawabannya ya di atas meja, karena laptop beralaskan meja, baik meja tinggi atau pun lesehan. yang penting laptop anda jangan sampai disimpan pada alas yang membuat sirkulasi udara tidak optimal, seperti alas yang tidak datar atau bergelombang.
Hindari juga menyimpan laptop di tempat yang memliki debu atau juga di dalam tas atau didalam kolong meja. tidak sedikit Hard disk atau perangkat laiinya menjadi lambat lantaran debu yang masuk ke laptop sehingga membuat prosesor dan hard disk bekerja secara ekstra saat dinyalakan. maka dari itu sayangilah hard disk laptop anda  dengan cara merawat hard disk dan laptop anda yang baik dan benar.
www.walicomputer.web.id
Simpan di atas meja jangan di simpan dalam Tas atau didalam Kolong meja

Ketujuh
Gunakan Avast Free Anti Virus
ternyata Avast Free Anti Virus bisa membuat hard disk lebih optimal dan membuat hard disk menjadi sehat. kenapa? karena ada banyak Virus yang bisa memicu potensi masalah bagian hard disk. untuk pasang Anti Virus demi keamanan dan kesehatan hard disk laptop anda.
www.walicomputer.web.id
Gunakan Avast Free Anti Virus 

untuk Antivirus, anda bisa menggunakan program antivirus bawaan windows seperti Windows Defender yang belakangan ini kinerjanya meningkat. jika anda tidak percaya dengan windows defender, bisa pasang antivirus lain persis sama Antivirus Defender seperti Avast gratisan atau berbayar. Hal terpenting adalah Antivirus tersebut harus selalu ter update database dan program antivirus.

Demikianlah tentang Tips Cara Mengatasi dan Merawat Hardisk Tidak Cepat Rusak agar awet dan tahan lama. semoga membantu dan bermanfaat bagi Anda untuk lebih memperhatikan Hard Disk laptop dan merawat dengan baik. Terima kasih atas partisipasi dan kunjungan anda.

Related Posts

3 comments

Post a comment

Follow by Email