xRxMD7PS3NtTSVmco65VMRdxlfCE6kZjEW7YE8i1

PANDUAN INSTAL APLIKASI E-RKAS TAHUN 2019

walicomputer.web.id, - Sistem Informasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) merupakan sistem yang terpusat (terdistribusi), dimana dalam pengolahan datanya ada sebagian yang melibatkan pihak dinas pendidikan kabupaten. Namun demikian sistem ini juga dapat bekerja secara offline, sehingga tidak merepotkan para user yang menggunakannya. Berikut akan di uraikan tahapan-tahapan dalam menggunakan aplikasi RKAS ini.
www.walicomputer.web.id
PANDUAN INSTAL APLIKASI E-RKAS TAHUN 2019

Pada tahapan instalasi ini merupakan tahapan awal untuk memasang aplikasi RKAS pada komputer kita. Langkah yang pertama kita lakukan adalah mendownload aplikasinya terlebih dahulu yang di situs resmi beralamat : http://rkas.dikdasmen.kemdikbud.go.id

www.walicomputer.web.id
DOWNLOAD APLIKASI E-RKAS TAHUN 2019
Pada halaman ini kita diberikan 2 pilihan tombol, yaitu tombol download dan tombol login. Berikut perbedaannya :

  1. Tombol Download : untuk pihak sekolah mengunduh installan aplikasi RKAS yang berbasis desktop.
  2. Tombol Login : untuk masuk ke aplikasi dinas pendidikan kabupaten atau pun provinsi yang berbasis website.
www.walicomputer.web.id
SETUP RKAS EXE


Karena disini kita akan membahas aplikasi RKAS untuk pihak sekolah maka kita klik download. Setelah di download, buka explorer kemudian cari file software RKAS sesuai dengan alamat direktori ketika download. Setelah ditemukan kemudian lakukan proses install dengan cara :

- double mengklik file Setup-RKAS.exe.
- Klik Yes untuk melanjutkan proses instalasi.
www.walicomputer.web.id
PROSES INSTALL ERKAS

- Ceklis create a desktop shortcut (jika diperlukan), kemudian klik next.
WWW.WALICOMPUTER.WEB.ID
CEKLIS CREATE A DESKTOP

- Klik Install
WWW.WALICOMPUTER.WEB.ID
NEXT INSTAL APLIKASI EERKAS

- Tunggu hingga proses instalasi selesai.
WWW.WALICOMPUTER.WEB.ID
INSTAL SELESAI APLIKASI ERKAS

- Klik Finish, Sampai pada bagian ini sebenarnya proses instalasi sudah selesai.

Berikutnya secara otomatis aplikasi RKAS akan terbuka.
WWW.WALICOMPUTER.WEB.ID
OTOMATIS OPEN APLIKASI RKAS

Aplikasi ini memiliki fitur auto update, sehingga jika ada versi yang terbaru dan menemukan koneksi internet maka akan secara otomatis terupdate ke versi yang terbaru. Pada proses update ini biasanya aplikasi ketika dijalankan akan terasa lambat, hal ini dikarenakan ada proses download terlebih dahulu. Tunggu hingga splash screen hilang dan masuk ke aplikasi RKAS. Ketika sudah masuk ke dalam aplikasi, untuk pertama kali kita akan diminta melakukan aktivasi. Pada form aktivasi ini sekolah bisa memperolehnya dari dinas pendidikan sekolah tersebut.
WWW.WALICOMPUTER.WEB.ID
AKTIVASI REGISTRASI INI TERKONEKSI KE JARINGAN INTERNET

Pastikan ketika melakukan aktivasi ini terkoneksi ke jaringan internet.

Form Aktivasi akan muncul ketika pertama kali aplikasi diinstall, tujuannya adalah agar aplikasi tidak sembarangan digunakan dan harus ada penanggungjawab aplikasi. Pada tahapan ini diwajibkan terkoneksi dengan internet, karena data aktivasi ini akan di cocokkan dengan data di dinas pendidikan. Berikut penjelasan masing-masing kolom inputan:

  1. Kode Aktivasi (wajib diisi): kolom ini diisi dengan kode registrasi sekolah kita yang sudah diajukan ke dinas pendidikan. Kode ini setiap sekolah berbeda-beda. Untuk itu mintalah kode registrasi ke dinas pendidikan terkait.
  2. Nama (wajib diisi): kolom ini diisi oleh nama operator sekolah.
  3. Email (wajib diisi): kolom email ini wajib diisi karena alamat email ini akan digunakan untuk login kedalam aplikasi. Alamat email ini tidak boleh sama satu dengan yang lainnya. Supaya lebih aman, gunakanlah email sekolah, sehingga ketika terjadi pergantian pegawai atau operator tidak harus mengganti alamat emailnya.
  4. No Handphone : kolom ini diisi dengan nomor hendphone operator atau boleh dengan nomor telepon sekolah. 
  5. Password (wajib diisi) : kolom ini harap diisi sebaik mungkin karena akan digunakan ketika login. Password harus kombinasi angka, huruf kecil, kapital supaya tidak mudah diketahui.
  6. Ulangi Password (wajib diisi): kolom ini untuk memastikan bahwa password kita sudah benar.
  7. Indikator terhubung ke server atau tidak. (wajib terhubung internet).
  8. Tombol Registrasi : tombol ini digunakan untuk mengirim data ke dinas pendidikan. Tombol ini akan aktif jika terhubung dengan internet, dan akan disable jika tidak terhubung dengan internet.
WWW.WALICOMPUTER.WEB.ID
INDIKATOR TERHUBUNG KE SERVER ATAU TIDAK

Hasilnya seperti gambar dibawah ini:
WWW.WALICOMPUTER.WEB.ID
REGISTRASI APLIKASI RKAS

Kemudian klik tombol registrasi
WWW.WALICOMPUTER.WEB.ID
PROSES REGISTRASI RKAS SELESAI

- Selesai.

Lebih jelas silahkan klik link tautan yang admin sediakan dibawah ini :




Demikianlah mengenai artikel tentang Panduan Instalasi Aplikasi E-RKAS Tahun 2019 ini dapat bermanfaat dan sanggat membantu bagi kita semua. Terima kasih atas perhatian dan kunjungannya.

Post a Comment

Terimakasih sudah membaca artikel kami, silahkan tinggalkan komentar jika ada keluhan mengenai link yang mati atau artikel rusak silahkan laporkan kepada kami ya !!!!