xRxMD7PS3NtTSVmco65VMRdxlfCE6kZjEW7YE8i1

CARA ATASI KUOTA INTERNET MU CEPAT HABIS

walciomputer.web.id, - Pernahkah anda membeli paket data Internet, tapi beberapa hari lalu setelah pemakaian langsung cepat habis? Padahal  sudah sebisa mungkin menghemat penggunaan data internet sehari-hari tapi tetap saja kuota cepat habis.
Https://walicomputer.blogspot.com

Bagi anda yang pernah atau bahkan sering mengalaminya pasti kecewa karena harus kembali mengeluarkan uang di kantong untuk membeli kuota internet dan tentu ada rasanya tidak nyaman terhadap si pacar atau teman karena anda tidak bisa membalas chat nya namun Paket data habis secara tidak sengaja maka anda menyadarkan dan membuat anda kerepotan saat ada hal penting yang membutuhkan internet.

Ada beberapa hal yang mungkin anda tidak tahu tentang tersembunyi nya aktifitas download atau upload yang dilakukan oleh smartphone saat anda menggunakannya ataupun ketika anda tidak menggunakannya sama sekali. Beberapa hal tersebut ada beberapa poin pada ulasan di bawah ini dalam mengetahui penyebab paket data cepat habis sekaligus cara solusi mengatasinya.

1. Auto Update Aplikasi
Auto update aplikasi biasanya sudah diaktifkan secara default. untuk membuat semua aplikasi yang ter-install tetap update pada versi terbarunya. Karena itu ia akan langsung menyedot kuota segera setelah terkoneksi internet dan setelah update aplikasi baru yang tersedia.
Untuk mengatasinya anda tinggal menonaktifkan auto update pada aplikasi dengan cara membuka aplikasi Playstore -> Menu -> Settings -> Auto-update apps -> lalu pilih tanda lingkaran “Do not auto-update apps”. Dengan cara ini anda bisa menentukan sendiri kapan pun waktunya dan aplikasi apa saja yang ingin di-update.

2. Sinkronisasi Otomatis
Sinkronisasi otomatis juga sudah diaktifkan secara default. Gunanya untuk membuat data yang ada server tetap sinkronisasi dengan data yang ada di hp smartphone kita. Hal ini sebenarnya sangat penting untuk menjaga data-data yang kita miliki tetap aman ketika hal buruk terjadi (handphone hilang, dan sebagainya).
ketika data yang di sinkkronisasi itu berupa hasil foto atau video, maka tentu akan membutuhkan kuota internet yang tidak sedikit. Bahkan banyak kasus foto dan video yang tidak terlalu penting pun akan ikut ter-upload disebabkan pada pengaturan sinkkronisasi otomatis ini akan mem-backup keseluruhan file yang ada.

Untuk mengatasinya hal itu terjadi pada anda cukup menonaktifkan fitur sinkronisasi otomatis yang ada pada tab ‘sync’ di menu pengaturan (setting) . Dengan demikian anda bisa kapanpun memilih atau menentukan sendiri data mana saja yang layak untuk di-backup.

3. Aplikasi Penjelajah Gambar
Aplikasi penjelajah gambar yang paling populer di kalangan pengguna salah satunya adalah Instagram. Dengan segala desain dan fitur yang dibuat, mereka mampu memanjakan para pengguna hingga kita tidak berhenti untuk melihat foto yang diupload semua pengguna. Namun Secara tidak sadar kuota internet pun makin terkuras hingga habis tak tersisa untuk kebutuhan lain yang lebih penting.
Salah satu cara mengatasi agar meminimalisir penggunaan data internet ketika membuka aplikasi instagram yaitu adalah dengan mengubah fungsi mode penggunaan data Internet pada menu setting : Options -> Settings -> Cellular Data Usage -> Use Less Data. Cara ini tentu dapat berdampak pada pengalaman penggunaan Instagram seperti loading foto dan video yang akan menjadi sedikit lebih lama.

Namun untuk alternatif anda bisa menggunakan aplikasi browser Opera Mini untuk dapat menggunakan fasilitas Instagram dengan cara menjadikan nya sebagai Halaman Layanan Home Screen pada HP smartphone anda. Sehingga Kuota Data internet anda tidak akan cepat terkuras.

4. Aplikasi Streaming Musik
Aplikasi streaming musik contoh seperti Spotify, JOOX dan iTunes sebetulnya tidak terlalu menghabiskan kuota ketika anda menggunakannya untuk mendengarkan 2-5 lagu, tetapi akan terasa jika anda seharian mendengarkan mp3 melalui aplikasi tersebut. Salah satu solusinya adalah dengan cara mengunduh semua lagu yang anda sukai sehingga tidak perlu melakukan streaming ketika ingin mendengarkan nya kembali.

Jadi anda cukup pada awalnya saja mengeluarkan kuota tapi setelahnya tidak lagi karena file mp3 sudah ada di smartphone kamu. Atau anda bisa juga menghemat penggunaan internet saat streaming musik dengan menurunkan kualitas size musik nya pada menu Settings -> Streaming Quality -> Normal.

5. Aplikasi Streaming Video
Aplikasi streaming video contoh seperti Youtube atau lainnya sudah cukup untuk menghabiskan kuota internet anda dalam 1 hari atau 1 minggu. Ketika banyak video yang telah ditonton dan dengan kualitas reolusi tinggi tentu membutuhkan jumlah kuota yang sangat besar.

Bisa anda hitung betapa besar nya paket data yang harus mengeluarkan uang jika dalam satu menit video yang berkualitas 1080p saja berukuran 27.61MB ! Tapi ada beberapa cara untuk tetap bisa menonton video YouTube atau yang lainnya tanpa harus khawatir kehilangan banyak kuota internet. Di antaranya adalah dengan memilih kualitas video yang lebih rendah, men-download video yang sering ditonton dan alternatif terakhir anda wajib menggunakan aplikasi Youtube Go untuk nonton video versi hemat.

Dari semua tips menghemat kuota internet yang sudah admin jelaskan di atas, ada baiknya anda terus memantau aktifitas penggunaan data internet lebih intensif dengan bantuan aplikasi seperti InternetSpeedMeter, My Data Manager dan Data usage.

Karena aplikasi tersebut dapat memberikan informasi mengenai penggunaan data Internet lebih akurat, maka secara otomatis kita dapat monitoring secara mudah dengan melihat jumlah sisa kuota yang sudah terpakai dan mengalokasikannya dengan lebih bijak.

Demikianlah mengenai tadi beberapa hal tentang penyebab kuota data Internet anda cepat habis sekaligus cara untuk menghematnya. Sebelum si pacar dan teman anda sering marah-marah karena anda belum bisa membalas chat-nya atau anda tidak bisa melakukan hal paling penting melalui internet karena kehabisan kuota, sebaiknya anda lebih baik mencermati artikel ini. Segeralah mengamati proses latar belakangnya dan ubah pola penggunaan data internet ke arah yang lebih baik dan  lebih bijak dalam menggunakan nya.

Post a Comment

Terimakasih sudah membaca artikel kami, silahkan tinggalkan komentar jika ada keluhan mengenai link yang mati atau artikel rusak silahkan laporkan kepada kami ya !!!!