SILABUS ADMINISTRASI UMUM
Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian : Akuntansi dan Keuangan
Kompetensi Keahlian : Akuntansi dan keuangan lembaga
Kelas /Semester : X (sepuluh) / 1 (ganjil)
Kompetensi Inti:
3: Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan fakrual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dan komunikasi digital, dan dasar bidang bisnis dan manajemen pada tingkat teknis, spesifik, detail, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
4: Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup simulasi dan komunikasi digital, dan dasar bidang bisnis dan manajemen. Menampilkan kinerja dai bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyajikan secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
KOMPETENSI DASAR
3.1 Memahami administrasi
3.2 Menganalisis jabatan, tugas dan uraian pekerjaan pada kegiatan administrasi
3.3 Menganalisis persyaratan personil administrasi
3.4 Memilih bentuk struktur organisasi
3.5 Memahami fungsi-fungsi manajemen
3.6 Menerapkan prosedur pencatatan surat/dokumen masuk dan keluar
3. 7 Menerapkan prosedur penataan surat/dokumen
3. 8 Memiliki peralatan kantor dalam kegiatan administrasi
3.9 Menerapkan tata ruang kerja/kantor (0ffice layout)
3. 10 Menerapkan komunikasi di tempat kerja
3.11 Menerapkan tata cara/prosedur pencatatan keuangan sederhana 3.12 Mengevaluasi kegiatan administrasi kantor
4.2 Membuat uraian tugas setiap tingkatan jabatan pada kegiatan administrasi
4.3 Menyusun persyaratan personil administrasi
4.4 Membuat struktur organisasi sesuai kebutuhan
4.5 Mengklasifikasikan fungsi-fungsi manajemen
4.6 Melakukan prosedur pencatatan surat/dokumen masuk dan keluar
4.7 Melakukan penataan surat/dokumen sesuai sistem yang berlaku
4.8 Menggunakan peralatan kantor dalam kegiatan administrasi
4.9 Melakukan penataan ruang kerja/kantor (office layout)
4.10 Melakukan komunikasi di tempat kerja
4.11 Melakukan pencatatan keuangan sederhana Membuat laporan kegiatan administrasi kantor
MATERI POKOK
1. Ruang lingkup administrasi
2. Jenis-jenis administrasi
3. Jabatan danctugas bagian administrasi
4. Persyaratan personil administrasi perkantoran
2. Bentuk-bentuk organisasi kantor dan strukturnya
1. Ruang lingkup manajemen
2. Fungsi-fungsi manejemen
1. Pengertian, fungsi, jenis, dan bentuk surat
2. Model pencatatan surat atau dokumen masuk dan keluar
3. Pengelolaan surat masuk dan surat keluar Prosedur penataan surat
PEMBELAJARAN
MenanyaMerumuskan pertanyaan untuk mengidentifikasi masalah materi pokok
Mengeksplorasi
Mengumpulkan data dan informasi tentang materi pokok
Asosiasi
-menganalisis dan menyimpulkan informasi tentang materi pokok
-menyimpulkan keseluruhan materi
Komunikasi
Menyampaikan laporan tentang materi pokok dan mempresentasikannya dalam bentuk tulisan dan lisan
PENILAIAN
Tugas-Individu/kelompok
- Pemecahan masalah
Observasi
Ceklist lembar pengamatan sikap kegiatan individu/ kelompok
Portofolio
Laporan tertulis individu/ kelompok
Tes
Tes tertulis bentuk studi kasus dan/atau pilihan ganda
Observasi
Ceklist lembar pengamatan sikap kegiatan individu/ kelompok
Portofolio
Laporan tertulis individu/ kelompok
Tes
Tes tertulis bentuk studi kasus dan/atau pilihan ganda
ALOKASI WAKTU
4 jam
SUMBER BELAJAR
1. Buku Teks (Siswa)2. Buku untuk SMK
Kepala Sekolah
, 19 Desember 2021
Guru mata pelajaran
Post a Comment
Post a Comment