. TUTORIAL PENGGUNAAN APLIKASI EDSDIKDASMEN 2020.07.07 - WALI COMPUTER

TUTORIAL PENGGUNAAN APLIKASI EDSDIKDASMEN 2020.07.07

Post a comment
walicomputer.web.id, - Bagi sekolah-sekolah yang mengalami kendalanya diharapkan menggunakan Paket Installer maupun Patch yang terbaru. Untuk cara penggunaannya ada yang memiliki perbedaan langkah-langkah dalam proses instalasinya.
www.walicomputer.web.id
Menurut Admin Patch ini dapat digunakan bagi sekolah mempunyai aplikasi PMP EDS Dikdasmen yang dipakai nya  EDS Final 2019.12.18 serta Patch EDS 2020.02.07, maka dari itu bagi sekolah-sekolah lainnya cukup pasang paket instaler ke versi terbaru yaitu Pacth EDS 2020.07.07.

Tunggu Dulu, Sebelum teman-teman dapat mengambil materi di blog ini, mohon dibaca dulu simak postingan artikel secara menyeluruh  (biasakan  membaca  literasi)  sehingga teman-teman nantinya tidak  mengalami  kendala  dalam  hal  mengambil  materi yang  diinginkan  oleh  teman-teman sebagai pengunjung  Blog  ini. Maka admin inginkan partisipasinya  dalam  memberikan kritik, saran maupun komentar di tempat yang telah disediakan.

Adapun langka-langkah dalam penggunaannya, bagi sekolah yang memiliki masalah pada Aplikasi PMP EDSDikdasmen dapat di pelajari dan dipahami, silahkan simak dibawah ini.

A. Langkah-Langkah Khusus Installer PMP EDS Dikasmen 2020.07.07
  1. Silahkan Sinkronisasi terlebih dahulu pada Aplikasi PMP EDS sekolah teman-teman sebelum menggunakan Paket Instalasi ulang untuk dapat menyimpan data ke servernya.
  2. Unduh paket Installer PMP EDS Dikdasmen Offline versi 2020.07.07 dalam ukuran 80,7MB (terlampir).
  3. Hapus atau uninstall di Control Panel pada Laptop teman-teman temukan Aplikasi PMP EDS Dikdasmen yang lama, pastikan folder EDSDikdasmen pada direktori Program Files X86 tetap bersih terhapus tidak ada satu pun yang tersisa.
  4. Lakukan Paket Instalasi PMP EDS Dikdasmen Offline versi 2020.07.07.
  5. Kemudian Generate dan Unduh prefill ulang yang terbaru pada laman Resmi : pmp.kemdikbud.go.id/unduhan pada tab submenu Prefill EDS 2019
  6. Lakukan Salin atau copy file prefill yang telah berhasil di unduh lalu copas ke folder C:/prefill_dapodik. Perhatikan kesalahan yang akan menyebabkan kegagalan pada proses registrasi atau paket instalasi, nama file tersebut tidak boleh mengandung spasi atau dalam kurung seperti contoh prefill yang salah: 7e8634h349uoh8y077hnk9 (1).pmp
  7. Kemudian Lakukan registrasi ulang PMP EDS Dikdasmen Offline dengan akun dan kode registrasi dapodik sekolah masing-masing.
  8. Jangan lupa bersihkan browser teman-teman degan cara mengklik Clear cache browser dengan menekan pada keyboard Ctrl+Shift+Delete>Clear Data> atau Ctrl+H kemudian Refresh atau Ctrl+F5jika ada salah satu tampilan layar hitam atau blank .
www.walicomputer.web.id

  1. Kemudian Buka aplikasi PMP EDS Dikdasmen Offline atau mengetik ulang di link browser chrome lihat dalam pengetikan yang benar yaitu localhost:1745
  2. Kemudian teman-teman Login Aplikas PMP EDS dengan menggunakan username dan password akun Dapodik masing-masing sekolah.
  3. Jangan lupa fokus ke Manajemen Pengguna terlebih dahulu untuk mengecek apakah Kandidat Responden telah diceklist alias Tulisan Berwarna Hijau, ini wajib dilakukan.
  4. Setelah Kandidat Responden telah terpilih dan sudah diceklis, kemudian klik pada titik tiga lalu klik tukar pengguna.
  5. Cek dan Isi Kuisioner PMP EDS masing-masing sekolah seperti Guru, Komite Sekolah, Peserta Didik serta Kepala sekolah dalam status isian jawaban kuisioner 100% masing-masing.
  6. Kemudian Hitung rapor mutu serta hitung total kemajuan bagi sekolah masing-masing. Lalu cek hasil raport mutu sekolah masing-masing apakah ada perbubahan nilai raport mutu sekolah.
  7. Setelah itu Lakukan Sinkronisasi
Pastikan di tabel muncul timeline dan master pmp untuk dapat dikirim ke server. Cek progress pengiriman sekolah Anda dalam waktu singkat maksimal dalam 3x24 hari kemudian.
www.walicomputer.web.id

B. Langkah-Langkah Khusus Patch Aplikasi PMP EDS 2020.07.07

  1. Patch hanya digunakan khusus bagi pengguna yang sudah menggunakan EDS dengan paket Instaler 2019.12.18 ditambahkan dengan Patch EDS 2020.02.07 dan tidak ada masalah pada fungsi serta fitur aplikasi maupun database PMPEDS.
  2. Sinkronisasi PMP EDS terlebih dahulu bagi sekolah masing-masing sebelumnya dapat melakukan paket instalasi ulang untuk menyimpan data ke server.
  3. Kemudian Unduh Patch EDS Dikdasmen Offline versi 2020.07.07 dalam ukuranya hanya 12,3MB pada link terlampir.
  4. Lakukan paket instalasi Patch EDS Dikdasmen Offline dalam versi terbaru 2020.07.07.
  5. Jangan lupa bersihkan browser teman-teman degan cara mengklik Clear cache browser dengan menekan pada keyboard Ctrl+Shift+Delete > Clear Data > atau Ctrl+H kemudian Refresh atau Ctrl+F5. jika ada salah satu tampilan layar hitam atau blank .
  6. Untuk dapat membuka aplikasi PMP EDS Dikdasmen Offline dengan cara manual dengan mengetik alamat yang benar yaitu localhost:1745.
  7. Kemudian Login EDS dengan menggunakan username dan password akun Dapodik teman-teman sekalian.
  8. Jangan lupa Pilih Kandidat Responden terlebih dahulu namun itu wajib untuk dilakukan pada menu Manajemen Pengguna.
  9. Setelah Kandidat Responden terpilih sudah diceklis (berwarna hijau), kemudian klik titik tiga baris lalu tukar pengguna.
  10. Cek dan Isi Jawaban Kuisioner PMP EDS masing-masing seperti Kepala Sekolah, Guru, Peserta Didik Kemudian Komite Sekolah sampai semua jenis responden 100% alias Hijau.
  11. Kemudian Hitung lah rapor mutu serta hitung total kemajuan sekolah masing-masing.
Bagi sekolah yang sudah di pakta integritas oleh pegawas diwajibkan membatalkan pakta integritas atau menghubungi pengawasnya untuk membatalkannya karena dalam perubahan Data Isian Jawaban Kuisioner EDSDikdasmen yang kita perbarui tidak dapat di ubah jika pakta integritas tidak dibatalkan terlebih dahulu.
  • Lakukan Sinkronisasi pastikan ditabel muncul timeline dan master pmp dapat langsung terkirim ke server pusat.
  • Kemudian Cek progress pengiriman sekolah Anda dalam waktu singkat maksimal 3x24 jam kemudian. 
Sekolah yang sudah mengisi EDS Dikdasmen Offline dengan menggunakan aplikasi versi lama diwajibkan untuk memutakhirkan ke Aplikasi EDS versi 2020.07.07 yang terbaru baik menggunakan Paket installer atau patch nya.
Hasil Rapor Mutu untuk sementara baru menampilkan 6 standar, untuk 2 standar PTK dan sarana prasarana diproses di server dan akan diproses dan diupdate dalam jangka waktu 7 atau 10 hari,
Kemudian lakukan sinkronisasi untuk dapat udate data dari server ke EDS sekolah.
Sekolah yang belum dapat menampilkan dil progress pengiriman dan hitung rapor mutunya, diharapkan melakukan update aplikasi menggunakan patch yang terbaru, kemudian hitung ulang rapor mutu, dan sinkronisasi ulang, tunggu proses di server dalam jangka waktu 3x24 jam/hari untuk dapat memunculkan progress data di halaman PMP.
UNDUH INSTALLER SERTA PATCH EDS OFFLINE TAHUN 2020
1. Tautan Aplikasi Installer EDS Offline (80,7MB)
2. Tautan Aplikasi Patch EDS Offl ine (12,3MB)

Terima kasih atas kunjungannya di blog sederhana ini. maka  admin tunggu kunjungan berikutnya, bila materi yang  Admin  sajikan  dirasakan  sangat  bermanfaat dan membantu,  jangan lupa  bagikan  ke  teman-teman  yang  lainnya  agar nantinya postingan ini lebih bermanfaat.

Related Posts

Post a comment

Follow by Email