xRxMD7PS3NtTSVmco65VMRdxlfCE6kZjEW7YE8i1

LANGKAH – LANGKAH CARA PENYUSUNAN RPP TERBARU REVISI 2019

walicomputer.web.id, - Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci mengacu pada silabus, buku teks pelajaran,buku panduan guru, dan referensi lain yang mendukung.Pengembangan RPP dapat dilakukan oleh guru secara mandiri dan/atau berkelompok (KKG) di sekolah/madrasah yang dapat dikoordinasikan, difasilitasi, dan disupervisi oleh kepala sekolah/madrasah.
walicomputer.web.id

KOMPONEN  RPP
Komponen RPP merujuk pada Permendikbud No. 22 Tahun 2016, terdiri atas:

  1. Identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
  2. Identitas mata pelajaran atau tema/subtema;
  3. Kelas/semester;
  4. Materi pokok;
  5. Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian kd dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan kd yang harus dicapai;
  6. Tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan kd, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
  7. Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi
  8.  Materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
  9. Metode pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar siswa mencapai kd yang disesuaikan dengan karakteristik siswa dan kd yang akan dicapai;
  10. Media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
  11. Sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;
  12. Langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan
  13. Penilaian hasil pembelajaran.
Komponen RPP tersebut di atas bersifat minimal, artinya setiap satuan pendidikan diberikan peluang untuk menambah komponen lain, selama komponen tersebut memberikan kemudahan dalam pelaksanaan pembelajaran.

PRINSIP - PRINSIP PENYUSUNAN RPP
Mekanisme pelaksanaan pembelajaran mencakup perencanaan, pelaksanaan (termasuk didalamnya kegiatan evaluasi), dan pertimbangan daya dukung.Tahap pertama, perencanaan pembelajaranyangdiwujudkan dengan kegiatan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Dalam menyusun RPP hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:

  1. Perbedaan individual siswa antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan siswa.
  2. Partisipasi aktif siswa.
  3. Berpusat pada siswa untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi dan kemandirian.
  4. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
  5. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
  6. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
  7. Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
  8. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi

LANGKAH – LANGKAH PENYUSUNAN  RPP

  1. Mengkajisilabus tematik meliputi: (1) KI dan KD; (2) materi pembelajaran; (3)proses pembelajaran; (4) penilaian pembelajaran; (5) alokasi waktu; dan (6) sumber belajar.
  2. MerumuskanindikatorpencapaianKD.
  3. Mengembangkan materi pembelajaran. MateriPembelajarandapatberasaldaribukutekspelajaran (buku siswa) dan buku panduan guru, sumber belajar lain berupa muatan lokal,materi kekinian, konteks pembelajaran dari lingkungansekitaryang dikelompokkan menjadi materi untuk pembelajaranreguler, pengayaan, dan remedial.
  4. Menjabarkan kegiatan pembelajaran yangadapada silabus dalam bentukyang lebih operasionalberupapendekatan saintifik disesuaikan dengan kondisi siswa dan satuanguruantermasuk penggunaan media,alat, bahan, dan sumber belajar.
  5. Menentukan alokasi waktu untuk setiap pertemuan berdasarkan alokasiwaktu padasilabus.Selanjutnya dibagi ke dalam kegiatanpendahuluan, inti, dan penutup.
  6. Mengembangkan penilaian pembelajaran dengan cara menentukanlingkup, teknik, dan instrumen penilaian, serta membuatpedoman penskoran.
  7. Menentukanstrategipembelajaranremedialsegerasetelah dilakukan penilaian.
  8. Menentukan  Media,  Alat,  Bahan,  dan  Sumber  Belajar disesuaikan  dengan yang  telah  ditetapkandalamlangkah penjabaran proses pembelajaran.

CONTOH FORMAT RPP TEMATIK TERPADU

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)
TEMATIK TERPADU

Sekolah                                   :           ..................................
Kelas/Semester                       :           ..................................
Tema                                       :           ..................................
Subtema                                  :           ..................................
Pembelajaran ke                      :           ..................................
Alokasi Waktu                        :           ..................................

A.    Kompetensi Inti (KI)
1.      .............................................................................................................................
2.      .............................................................................................................................
3.      .............................................................................................................................
4.      .............................................................................................................................

Dicuplik dari Permendikbud Nomor 24 tahun 2016 atau Buku Guru

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi *)
PPKn
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1..........................................................
-
2.1..........................................................
-
3.1.........................................................
..............................................................
4.1.........................................................
..............................................................
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1........................................................
..............................................................
4.1........................................................
..............................................................
Matematika
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1. ....................................................
..............................................................
4.1......................................................
..............................................................

"Dituliskan KD pada KI -3  dan  KD pada KI – 4   dari   seluruh  muatan  pelajaran yang ada dalam pemetaan setiap pembelajaran. Khusus untuk Pendidikan Agama dan Budi Pekerti dan  PPKn, dituliskan  KD pada KI – 1, KD pada KI – 2, KD pada Ki-3 dan KD pada KI - 4."

"Indikator KD pada KI-3 dan KD pada KI-4 dicuplik dari buku guru dan bisa diubah/disesuaikan atau dikembangkan oleh guru."

C. Tujuan Pembelajaran
Tujuan pembelajaran ditambahkan pada komponen RPP Tematik Terpadu karena berfungsi untuk memandu guru dalam mengaitkan berbagai konsep muatan mata pelajaran melalui berbagai aktivitas pembelajaran.

Tujuan pembelajaran memuat proses dan hasil pembelajaran.
Tujuan pembelajaran diupayakan memuat A (audience) yakni siswa, B (behavior) atau kemampuan yang akan dicapai, C (condition) atau aktivitas yang akan dilakukan, dan D (degree) atau tingkatan/perilaku yang diharapkan.

D. Materi Pembelajaran
Materi pelajaran dapat berasal dari buku siswa dan buku guru,sumber belajar lain berupa muatan lokal, materi kekinian, konteks pembelajarandari lingkungan sekitar.
Materi pembelajaran pada RPP bisa memuat pokok-pokok materi pembelajaran.

E. Metode Pembelajaran
Dituliskan metode belajar aktif yang akan digunakan

F. Langkah-langkah Pembelajaran
1. KegiatanPendahuluan
Merupakan kegiatan awal dalam pembelajaran yang ditujukan untuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian siswa dalam proses pembelajaran.

2.KegiatanInti
Salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam kegiatan inti adalah pendekatan saintifik, yaitu :
- Mengamati
- Menanya
- Mengumpulkaninformasi/mencoba
- Menalar/mengasosiasi
- Mengomunikasikan

Pada kegiatan inti, kelima pengalaman belajar tidak harus berurutan dan tidak harus muncul seluruhnya dalam satu pembelajaran tetapidapat dilanjutkan pada pembelajaran berikutnya, tergantung cakupan muatan pembelajaran. Setiap langkah pembelajaran dapat menggunakan berbagai metode dan teknik pembelajaran.

3. KegiatanPenutup
Merupakan kegiatan akhir pembelajaran berupa membuat rangkuman/simpulan, melakukan refleksi, melakukan penilaian dan merencanakan tindak lanjut pembelajaran

G. Penilaian
1.Teknikpenilaian
2.Instrumenpenilaian
3.PembelajaranRemedialdanPengayaan Pembelajaran

H. Media/Alat, Bahan dan Sumber Belajar
1. Media/alat
2.Bahan
3.SumberBelajar
Komponen RPP tersebut di atas bersifat minimal, artinya setiap satuan pendidikan     diberikan peluang untuk menambah komponen lain, selama komponen tersebut memberikan kemudahan dalam pelaksanaan pembelajaran.

Demikianlah mengenai Langkah-Langkah Penyusunan RPP Terbaru Revisi 2019 ini dapat bermanfaat dan membantu Bagi Bapak atau Ibu begitu juga Rekan-Rekan dan Jangan lupa bagikan atau share ke salah satu teman-teman mu.

2 comments

Terimakasih sudah membaca artikel kami, silahkan tinggalkan komentar jika ada keluhan mengenai link yang mati atau artikel rusak silahkan laporkan kepada kami ya !!!!
  1. Kalau ada rpp satu lembar berbagi doang min. Ada aturan baru tentang rpp 1 lembar. Jadi menyusunnya mungkin sedikit ada perubahan.

    ReplyDelete