xRxMD7PS3NtTSVmco65VMRdxlfCE6kZjEW7YE8i1

6 TIPS CARA ATASI LAPTOP TIDAK BISA NYALA

walicomputer.web.id, - Apakah anda pernah kesal tidak, jika saat ada panggilan untuk main bareng PUBG sama temen-temenmu, tapi laptop tidak bisa nyala secara tiba-tiba? Situasi saat ini juga bakal bikin kamu emosi kalau tiba-tiba laptop kamu mati secara mendadak mati sendiri namun buru-buru mengerjain tugas yang deadline-nya sudah dekat.

WWW.WALICOMPUTER.WEB.ID

Ok Tapi tenang ya, jangan dulu banting laptop kamu karena emosi atau langsung impulsif beli laptop baru kan wkwkwk. Laptop yang suka ngambek tidak mau menyala itu bukan berarti semua komponennya sudah uzur dan rusak total, kok. Benar loh, Masih bisa diperbaiki, bahkan tanpa perlu dibawa ke service center.

Pada Umumnya, laptop tidak bisa nyala itu berkaitan dengan masalah daya dan baterai lo. Jadi apa yang harus kamu lakukan akan menghadapi masalah hal ini? Admin akan bagi-bagi tips dan trik bagaimana cara mengatasi laptop yang tidak bisa nyala tersebut. Ok, mari kita simak dan belajar bersama.

PERTAMA CEK BATERAI LAPTOP

Dalam situasi ini, terkadang kamu terlalu begitu cepat was-was dan mengambil kesimpulan kalau ada yang salah dengan laptop. Namun, kamu harus berpikir dengan cara kepala dingin, bisa saja ini hanya masalah baterai laptop kamu yang dayanya telah habis karena belum sempat charged. Untuk memastikan laptop tersebut, coba kamu gabungkan laptopmu dengan adaptor listrik, kemungkinan bisa saja baterai laptopmu telah habis.

Setelah kamu kalau sudah mencolokkan adaptor listrik namun laptop tetap tidak mau menyala, diamkan sebentar, laptop yang baterainya sudah benar-benar habis, membutuhkan selang beberapa waktu untuk dapat mengisi sehingga baterainya mempunyai daya yang cukup untuk menghidupkan mesin pada laptopmu!

Akan tetapi, jika laptopmu tetap tidak mau menyala sama sekali, coba lepaskan baterainya dan tetap colokkan adaptor ke listrik. Nah, jika laptopmu menyala ketika baterainya dicopot, itu berarti bateraimu yang bermasalah dan harus diservis.

KEDUA ADAPTOR RUSAK LAPTOP

Jika kamu sudah mencoba tips pertama di atas tersebut namun laptop kamu madi tetap tidak bisa menyala sama sekali, namun ada baiknya melakukan cara pengecekkan terhadap adaptor listrik atau alat pengisi daya baterai pada laptop kamu. Kalau adaptor kamu masih sambung ke listrik tidak rusak, tapi ada lampu indikator pada laptop yang masi menyala, namun jika adaptor listrik rusak, lampu indikator pada laptop tersebut tidak akan menyala dan mungkin ini saatnya kamu melakukan servis pada charger laptop kamu atau menggantinya dengan yang baru, ya.

KETIGA MASALAH PADA SOCKET LAPTOP

Jika ternyata ada baterai dan charger laptop kamu baik-baik saja namun laptop tetap tidak menunjukkan respon sinyal kehidupannya, bisa jadi socket atau tempat mencolok charger yang ada pada laptop ternyata ada  yang rusak, longgar atau mungkin kotor, sehingga tampungan daya listrik yang mengalir dari charger ke laptop kamu tidak dapat mengalir dengan secara normal. Maka Alhasil, laptop tetap tidak mau menyala!

KE-EMPAT MASALAH PADA RAM LAPTOP

Laptop kamu mau nyala, namun layar ternyata blank alias hitam gelap. Itu tandanya, kemungkinan besar ada masalah pada RAM laptop yang kamu punya. Biasanya, hal ini ditandai dengan lampu indikator menyala dan mesin berjalan dengan baik, namun layar tidak menunjukkan sinyal respon apapun.

Cara mengatasinya ikut langkah-langkahnya sebaga berikut
  1. coba kamu lepas RAM laptop kamu, 
  2. lalu bersihkan pin dari RAM laptop dengan penghapus pensil, 
  3. kemudian cobalah pasang kembali. Kalau bisa, pasang RAM laptop di socket yang berbeda jika laptop memiliki dua socket atau lebih pada mainboard laptop kamu. 
  4. Setelah itu, kamu pastikan kembali kalau RAM sudah terpasang dengan sempurna, ya.

Bagaimana ? kalau layar laptop kamu ternyata masih tetap tidak menunjukkan apa-apa? Kemungkinan besar adalah RAM laptop kamu ada yang rusak, dan sudah saatnya kamu memutuskan untuk melakukan servis atau lebih amannya dengan cara adalah menggantinya RAM lama dengan yang baru.

Harus kamu tahu, tidak hanya RAM saja, kalau layar laptop tidak menunjukkan apa-apa saat mesin berjalan dengan baik, bisa jadi LCD atau kabel LCD-nya juga rusak dan bermasalah.

KE-LIMA PROSESOR LAPTOP BERMASALAH !

Otak manusia adalah inti dari kehidupan. Tanpa otak, manusia tidak akan bisa berpikir, beraktivitas dan melakukan apapun, alias mati total. Sama seperti laptop kamu, namun apa bedanya, otak dari laptop adalah prosesor, dan jika prosesor laptop kamu rusak, otomatis tidak akan menyala sama sekali.

Prosesor merupakan komponen paling inti pada laptop, jika prosesor rusak, maka sistem tidak akan berjalan dengan baik atau normal dan laptop tidak akan menyala. Jadi, untuk mencoba dapat kamu bersihkan debu-debu yang hinggap pada prosesor serta heatsink-nya, dan jangan lupa untuk melakukan pengecekkan pada pembuangan angin di laptopmu.

Untuk buka prosesor kamu, kalau pasta prosesor alias iso thermal-nya sudah terlihat rusak atau tidak bagus, bersihkan pasta yang hinggap dan gantilah dengan yang baru. Pasang lagi dengan benar, dan kamu harus berhati-hati dalam melakukan pemasangan ulang ini.

Kalau masih belum ada perubahan juga sama sekali, sebaiknya kamu membawa laptop untuk servis atau ya membeli prosesor yang baru!

KE-ENAM MAINBOARD PADA LAPTOP TIDAK BEKERJA DENGAN NORMAL

Tahukah kamu kalau Mainboard sama pentingnya dengan Prosesor. Mengapa ? Karena Jika mainboard laptop kamu bermasalah, tidak heran jika laptop tidak mau menyala. Maka dari itu, coba lepaskan semua komponen unit, mulai dari DVD, hardisk, wi-fi card dan yang lainnya, bersihkan debu-debu yang menempel dan pastikan tidak ada lagi debu yang tertinggal.  Namun, jika laptop kamu tetap tidak bisa menyala Lagi, sudah saatnya kamu melakukan servis atau menggantinya komponen unit yang baru, teman-teman!

Jadi, intinya begini jika laptop kamu yang tidak bisa nyala itu banyak penyebabnya, kemungkinan bisa dari baterai, charger, prosesor, mainboard hingga komponen-komponen kecil maupun yang lainnya. Untuk dapat mengetahui komponen pada mothoboard unit mana yang rusak.

  • Kalau lampu indikator laptop kamu tidak bisa menyala ketika kamu menyalakan laptopmu, itu berarti ada yang salah dengan charger, baterai atau bahkan socket laptopmu.
  • Jika lampu indikator Laptop kamu menyala, mesin dan kipas juga menyala namun layar tidak menunjukkan apa-apa alias Blank Screen, kemungkinan besarnya adalah, RAM laptopmu sudah rusak.
  • Jika lampu indikator laptopmu saja yang menyala, itu artinya ada masalah pada mainboard atau komponen power pada laptopmu yang bermasalah !

Demikianlah informasi mengenai penjelasan detail diatas dapat bermanfaat dan sangaat membantu menyelesaikan masalah laptop kaum, untuk dapat mengetahuinya kenapa laptop tidak bisa nyala. Semoga artikel ini dapat membantu sekali untuk kalian dapat menyelesaikan masalah laptop yang tidak mau menyala, ya!

8 comments

Terimakasih sudah membaca artikel kami, silahkan tinggalkan komentar jika ada keluhan mengenai link yang mati atau artikel rusak silahkan laporkan kepada kami ya !!!!
  1. Nice written!! I have been a big fan of your blogs. thanks
    web design San Francisco

    ReplyDelete
  2. This article has some vast and valuable information about this subject.
    corporate website design company

    ReplyDelete
  3. Their communication skills and reliable contact were features of the collaboration
    best business logo design

    ReplyDelete
  4. The internal team was impressed with their with creative insight, attentive customer management, and exceptional product quality.
    brand design agency

    ReplyDelete
  5. top web design agencies
    They're an accessible group with a highly flexible working style.

    ReplyDelete
  6. I continuously continue coming to your website once more simply in case you have posted new contents.best UX agencies

    ReplyDelete
  7. Hello, this is fastidious post I actually loved reading this.
    interactive design agencies

    ReplyDelete